Sukses

Hati-Hati, Cakaran Kucing Bisa Picu Berbagai Macam Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki kucing peliharaan di rumah, mungkin hal yang harus dihindari adalah bulu kucing yang dapat menyebabkan alergi atau kotoran kucing yang jadi sarang penyakit.

Namun siapa sangka kalau cakaran kucing juga dapat membahayakan kesehatan, khususnya bila seseorang menggaruk luka bekas cakaran kucing atau tersentuh liur kucing, menurut National Public Radio.

Seperti dilansir laman Fox News, Kamis (22/9/2016) setiap tahun sekitar 12 ribu orang mengalami benjolan atau lecet akibat cakaran kucingnya. Tak hanya itu, mereka juga mengalami kelelahan, demam, sakit kepala, dan lainnya akibat bakteri yang terdapat pada kotoran mereka, kaki, bulu, dan mulut kucing.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan kasus serius dari cakaran kucing di tubuh manusia, yang disebut dengan Cat-scratch disease dengan risiko pada infeksi jantung atau menyebabkan pembengkakan otak.

Untuk mengurangi risikonya, CDC menyarankan agar setiap kucing peliharaan mendapatkan perawatan atau vaksin dari virus yang mempengaruhi kesehatan manusia. Perlu juga untuk tidak membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di luar rumah. Dan selalulah mencuci tangan usai menyentuh kucing dan hindari mencium kucing Anda.

Video Populer

Foto Populer