Sukses

5 Tipe Teman yang Wajib Anda Waspadai

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kita selalu dibanjiri informasi seputar tipe atau karakter pasangan yang tepat. Tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga dan pasangan merupakan sekelompok orang yang tergolong sangat penting dalam hidup kita, lantaran menjadi sumber kenyamanan sekaligus keamanan pribadi yang selalu bisa kita andalkan di mana saja dan kapan saja.

Namun, itu adalah pandangan ideal semua orang yang terkadang tidak bisa atau belum terealisasikan di dalam kehidupan nyata seseorang. Ketika seseorang merasa belum menemukan sosok pasangan yang tepat atau tidak merasakan cinta, serta bentuk rasa kepedulian yang tepat dari keluarga, orang tersebut akan memilih untuk berjuang sendiri atau dengan dorongan orang lain atau teman.

Dewasa ini, memiliki teman menjadi semakin penting lantaran dapat membantu membuka jalur atau akses untuk berhubungan dengan pihak lain yang mana sangat dibutuhkan untuk perihal seperti berbisnis.

Seperti layaknya mencari seorang pasangan, kita juga harus berhati-hati dalam upaya mencari sosok teman sejati. Kita memang tidak boleh langsung berprasangka buruk terhadap orang lain, namun alangkah baiknya apabila diperhatikan terlebih dahulu tipe teman seperti apa orang tersebut.

Melansir Health Magazine, Kamis (22/9/2016), ada lima tipe utama seorang teman yang wajib Anda waspadai terlebih dahulu sebelum Anda beberkan kisah hidup sekaligus masalah-masalah Anda. Bukan karena mereka tidak baik, tapi karena mereka tidak baik untuk kesehatan psikis dan fisik Anda.

Tukang gosip

Tidak dapat dipungkiri orang seperti ini tidak seharusnya Anda jadikan teman. Setidaknya jangan terlalu dekat dengannya. Jika seseorang gemar membicarakan orang lain (umumnya negatif), baik di sosial media, di mal, di kantor atau di mana pun dia berada, maka ia tidak baik untuk kesehatan psikis Anda. Dia akan membuat Anda jadi lebih angkuh lantaran selalu memberikan masukan negatif akan apa yang dilihat dari orang lain. Diri Anda akan merasa selalu tidak puas dan takut karena tidak pernah cukup untuk sebuah komunitas atau dalam suatu pergaulan. Anda juga akan merasa tidak ada yang bisa dipercaya.

1 dari 2 halaman

Sok dewasa dan paling berbisa

Sok dewasa dan paling tahu

Ini berbeda dengan tipe tukang gosip. Perbedaannya adalah, dia memang tidak membicarakan orang lain namun sangat ingin tahu atau kepo akan hidup Anda. Kemudian yang ia lakukan adalah memberi nasihat.

Ini sebetulnya bagus, namun tidak semua orang memberikan nasihat baik. Ada yang membuat Anda justru melakukan hal yang memberikan dampak negatif lebih besar pada keluarga dan hidup Anda secara menyeluruh. Tipe seperti ini umumnya menunjukkan gejala seperti enggan mendengarkan cerita Anda dan lebih sering memotong dan langsung memberikan saran.

Ini sangatlah perlu diperhatikan dan Anda yang sedang dalam kondisi rapuh baik secara psikis maupun fisik biasanya lebih rentan untuk mendengarkan atau mengikuti instruksi teman Anda, terlepas dari baik dan buruknya.

Paling tidak konsisten

Ini juga merupakan tipe yang patut diperhatikan. Apakah Anda memiliki teman yang sering membatalkan janji atau berkata dan berperilaku tidak sesuai dengan apa yang ia tuturkan sebelumnya? Berhati-hatilah karena ini menunjukkan seseorang yang mengalami mood swing kronis atau penyakit bipolar.

Bukan karena mereka jahat atau tidak baik dijadikan teman, namun mereka umumnya memiliki masalah tersendiri yang belum terselesaikan. Dan cenderung bisa turut menyeret Anda masuk ke dalam masalahnya, itu bukan membuat pertemanan menjadi sehat tetapi jadi sarana pertengkaran.

Berteman dengan seseorang dengan karakter seperti ini cenderung akan lebih sering membuat Anda murung dan kecewa. Dan akan menimbulkan masalah di dalam diri Anda sendiri lantaran sifat kurang konsisten akan mulai tertanam secara perlahan-lahan.

Contoh ‘lifestyle’ buruk

Ini tentunya sudah menjadi tolak ukur semua orang. Contoh yang buruk berarti mereka yang masih pergi ke klub malam bahkan bukan akhir pekan. Lalu yang terus menerus gunakan narkoba dan hal-hal negatif lainnya.

Teman seperti ini yang paling wajib diwaspadai oleh semua orang. Jika ingin berbisnis atau berhubungan dekat, tipe ini sangat tidak disarankan lantaran membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Diam-diam menghanyutkan

Ini merupakan tipe yang sama parahnya dengan contoh buruk namun lebih sulit diterka. Tipe ini harus dihindari saat berbisnis dan berpolitik. Selain itu, tipe ini juga termasuk mereka yang diam-diam ingin menusuk Anda dari belakang, merebut pasangan Anda, meraup harta kekayaan Anda, dan hal-hal berskala besar lainnya.

Memang sangat sulit diterka namun Anda bisa coba perhatikan baik-baik kelakuannya selama tiga hingga enam bulan. Bagaimana dia menanggapi masalah Anda, apakah tiba-tiba menghilang, apakah dirinya menatap mata Anda ketika sedang berbicara, apa sarannya ketika Anda dalam masalah.

Sejauh apa dia juga ingin mengetahui keluarga kita, bagaimana reaksinya saat diperkenalkan ke pasangan kita dan sejauh apa Anda mengenal keluarganya dan juga riwayat hidupnya.