Sukses

Ingin Kurangi Asupan Gula? Ikuti 7 Tips Mudah Ini

Liputan6.com, Jakarta Mengurangi asupan gula mungkin bagi beberapa orang terdengar seperti suatu hal yang lumayan sulit, mengingat banyak makanan manis yang enak sehingga bisa mengganggu diet Anda. Namun hal ini perlu dilakukan jika misalnya Anda memiliki diabetes atau ada riwayat dalam keluarga yang menderita diabetes.

American Heart Association merekomendasikan agar masyarakat, khususnya wanita, mengonsumsi tidak lebih dari 100 kalori dari makanan dan minuman yang mengandung gula (6 sendok teh per hari).

Jika Anda ingin melakukannya, cara di bawah ini bisa membantu Anda untuk mengurangi asupan gula sehari-hari sehingga badan akan terasa lebih sehat, berat badan turun, dan gigi pun sehat, seperti dilansir dari SkinnyMs, Jumat (23/9/2016):

1. Pilih buah segar daripada buah yang sudah diproses

Buah yang sudah dijadikan makanan ringan memang mungkin tidak merepotkan ketika ingin dikonsumsi langsung. Namun buah-buahan tersebut seringkali mengandung gula halus. Lebih baik, ambil buah-buahan segar, seperti apel segar dan buah beri yang segar.

2. Konsumsi makanan yang menekan rasa mengidam

Makanan yang kaya serat dan protein dapat memuaskan selera Anda, sehingga keinginan mengonsumsi makanan atau minuman bergula pun berkurang. Rencanakan menu makan yang mencakup sumber protein, termasuk daging unggas dan kacang-kacangan. 

 

1 dari 2 halaman

Lakukan perubahan bertahap

3. Lakukan perubahan bertahap

Kemungkinan besar, mungkin Anda memiliki kebiasaan tinggi dalam mengonsumsi gula, sehingga akan sedikit menyulitkan Anda untuk menguranginya. Lebih baik, sesuaikan tubuh Anda dahulu untuk asupan gula yang lebih rendah secara bertahap. Misalnya, jika Anda biasanya memasukkan dua sendok teh gula ke dalam kopi, coba kurangi dengan hanya memasukkan satu sendok teh gula esoknya.

4. Baca label nutrisi

Cara lain yang sederhana untuk mengurangi asupan gula ialah dengan cara membaca label makanan sebelum membeli atau memakannya. Ini karena gula bisa terdapat dalam berbagai produk makanan yang dijual di toko.

5. Berikan waktu pada rasa mengidam Anda

Terkadang keinginan untuk makan atau minum sesuatu yang manis berkaitan dengan emosi kita. Mungkin kita meraih makanan manis saat merasa sedih, frustrasi, stres, atau cemas. Ketika Anda merasakannya, coba minum segelas penuh air putih dan tunggu selama 15 menit. Kemungkinan keinginan untuk makan makanan atau minuman manis akan hilang. Namun jika tetap tidak hilang, lebih baik ambil makanan seperti buah apel atau pisang segar sebagai alternatif rasa manis.