Sukses

Rutin Konsumsi Rumput Laut Bikin Panjang Umur

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari kita makan, namun apa makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa membuat sehat sehingga panjang umur? Banyak studi mengungkap makanan yang kita asup turut berpengaruh terhadap panjang pendeknya usia.

Nah, berikut ini makanan yang menurut studi memengaruhi usia seseorang hingga lama hidup di dunia seperti dikutip laman Men's Health, Kamis (22/9/2016).

1. Kacang

Kacang tanah, almond, dan aneka kacang lain merupakan camilan yang harus ada bila ingin panjang umur. Dua studi dari Harvard School of Public Health menemukan orang yang rutin makan kacang, risiko mati muda rendah.

Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak karena bisa tak baik juga bagi kesehatan. Para pakar menyarankan sekitar segenggam kacang per hari baik untuk dikonsumsi.

2. Makanan pedas

Bagi penggemar pedas, selamat! Sebuah riset mengatakan mengonsumsi makanan pedas bisa membuat panjang umur.

Dalam studi terhadap orang Tiongkok disebutkan mereka mengonsumsi makanan pedas antar enam hingga tujuh kali per minggu, menurunkan risiko meninggal dini hingga 14 persen dibandingkan yang hanya makan pedas satu kali atau kurang dalam seminggu.

3. Rumput laut

Bagi penggemar masakan Jepang, rumput laut bukan hal baru. Selain enak, konsumsi rumput laut rupanya bisa bikin panjang umur. Lebih dari 1000 studi menyebutkan mengonsumsi makanan satu ini bisa menekan peradangan, meningkatkan imunitas tubuh dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Ikan

Ikan mengandung karetenoid yang dapat melindungi dari penyakit saraf. Lalu kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan seperti salmon juga bisa mengurangi peradangan secara signifikan. Sehingga aneka masalah kesehatan seperti alergi, kanker, penyakit jantung bisa ditekan.

Video Populer

Foto Populer