Sukses

Jaga Kesehatan Tenggorokan dengan 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Tenggorokan merupakan area paling rentan terhadap kuman dan bakteri yang masuk lewat makanan dan minuman. Selain harus pintar-pintar memilih jenis makanan, ada cara lain yang tak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan tenggorokan sepanjang hari.

Seperti dilansir laman Heal Dove, ditulis Kamis (22/9/2016) berikut langkah terbaik untuk menjaga tenggorokan agar tetap sehat dan bebas kuman.

1. Hindari suhu dingin

Tahukah Anda suhu panas dari tubuh bisa hilang dengan sendirinya? 40 hingga 50 persen suhu panas tubuh bisa hilang dari permukaan kepala dan leher. Padahal saat suhu di area leher berubah dingin, tenggorokan akan rentan dilanda rasa sakit seperti batuk dan demam.

Biasakan untuk memakai syal di leher Anda untuk menjaga kehangatan pada tenggorokan.

2. Jangan berbagi peralatan makan

Jangan pernah minum dari gelas atau botol yang sama dengan orang lain. Hal ini akan menyebabkan risiko kontaminasi kuman atau bakteri masuk dan mengancam tenggorokan Anda.

3. Selalu gosok gigi

Banyak orang yang masih mengabaikan kebersihan gigi, padahal menjaga kesehatan gigi dan mulut akan menjauhkan Anda dari masalah tenggorokan.

Perhatikan juga untuk mengganti sikat gigi secara teratur. Paling lama tiga bulan sekali Anda wajib menggantinya.

4. Rajin kumur air garam

Berkumur air garam yang hangat dapat membantu sterilkan mulut dan tenggorokan. Bahkan air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan hidung tersumbat.

5. Minum air jahe dan madu

Jahe dan madu adalah ramuan terbaik untuk melindungi tenggorokan.

Video Populer

Foto Populer