Sukses

6 Jenis Makanan yang Bahayakan Kesehatan Jika Dipanaskan Kembali

Tidak semua makanan bisa dipanaskan untuk kedua kalinya lantaran membahayakan kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Memanaskan kembali makanan tidak selalu dianjurkan. Memang agar tetap hemat kerap kali kita menyimpan makanan di kulkas untuk kembali dihangatkan keesokan harinya. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua makanan bisa dihangatkan kembali lantaran justru membahayakan kesehatan manusia.

Berikut sejumlah jenis makanan yang justru berbahaya bagi kesehatan jika dipanaskan, seperti dilansir dari Womansday, Kamis (22/9/2016):

1. Seledri, bayam, dan bit
Panas dapat menyebabkan nitrat dari dalam sayuran ini berubah menjadi racun yang mengandung karsinogenik, ketika dipanaskan untuk kedua kalinya.

2. Jamur
Secara umum, jamur harus dimakan dan dihabiskan langsung setelah mereka dibuat. Protein di dalamnya dapat memburuk segera, setelah Anda memotongnya, dan jika dipanaskan kembali bisa menimbulkan masalah pada perut nantinya.

3. Telur
Telur yang dipanaskan kembali baik dengan direbus atau dibuat orak-arik bisa berubah menjadi racun dan juga bisa memicu masalah pada pencernaan Anda nantinya.

4. Kentang
Jika kentang ditinggalkan agar dingin pada suhu ruangan dan kemudian tidak dimasukkkan ke dalam kulkas kembali, maka kondisi ini bisa memicu pertumbuhan botulisme. Tentunya ini adalah dampak yang sangat negatif pada kesehatan manusia. 

5. Ayam
Memanaskan ayam tidak semudah yang Anda pikirkan. Komposisi protein dalam ayam dapat berubah ketika ayam yang sudah dingin dipanaskan untuk kedua kalinya, setelah disimpan di lemari es. Ini dapat menyebabkan masalah pada pencernaan Anda jika dikonsumsi dalam kondisi yang kurang baik atau matang sepenuh ya untuk kedua kalinya. Namun jika Anda tetap ingin melakukannya, pastikan bahwa bagian dalam ayam tersebut juga panas.

6. Nasi
Nasi seringkali merupakan makanan yang sering tersisa, namun Anda bisa keracunan jika memanaskannya kembali. “Sebenarnya ini bukan karena masalah memanaskan kembali, namun bagaimana cara nasi tersebut disimpan sebelum dipanaskan untuk kedua kalinya,” ujar Food Standards Agency (FSA).

Intinya, semakin lama Anda meninggalkan nasi pada suhu ruangan, maka akan semakin berbahaya untuk kesehatan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini