Sukses

Pentingnya Panduan Gizi untuk Ibu Baru Melahirkan

Pada 1000 hari pertama anak, orangtua harus memberikan nutrisi dan gizi yang tepat dan seimbang. Sayangnya masih ada kendala saat dijalankan

Liputan6.com, Jakarta Seribu hari pertama kelahiran anak, orangtua harus memberikan gizi dan nutrisi yang baik, karena hal ini akan menentukan kesehatan di jangka panjang.

Namun dalam prosesnya, masih banyak orangtua yang kebingungan untuk memilih jenis makanan dan mengukur komposisi yang tepat. Bahkan beberapa kasus orangtua keburu panik ketika mereka melewatkan satu nutrisi dalam makanan si kecil.

"Sebetulnya 1000 hari ini hanya awarness. Seharusnya semua orangtua dan dokter harus tahu bahwa berikanlah makanan yang baik. Makanan yang seperti apa? Ya makanan yang sesuai dengan usianya, baik itu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral," ungkap dr. Badriul Hegar, Konsultan Gastroenterologi Anak Staf Divisi Gastrohepatologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI RSCM, dalam acara Nutrition for Long Term Health: The Role of Protein bersama Nestle, di Hotel Atlet Century Senayan, Rabu (21/9/2016).

Hegar melanjutkan, pada anak di usia satu tahun ke atas harus mendapatkan makanan padat yang lebih banyak, sebagai suplementasi melengkapi susu. Sayangnya hingga saat ini, orangtua masih kesulitan untuk menentukan komposisi dan jenis makanan yang tepat. Bahkan tak sedikit juga orangtua yang mengandalkan makanan yang itu-itu saja.

"Kayak protein, kan bukan di ayam saja, ada juga ikan. Nah itulah pentingnya panduan makan agar orangtua tidak lagi bingung bagaimana caranya dan seberapa banyak harus memberikan asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang tepat untuk anak," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini