Sukses

Ini Dia yang Bikin Wanita Rentan Jantungan

Risiko wanita terkena penyakit jantung baru akan terjadi sesudah memasuki masa menopause.

Liputan6.com, Jakarta Risiko wanita terkena penyakit jantung baru akan terjadi sesudah memasuki masa menopause. Namun itu tidak berlaku bagi wanita perokok yang juga rutin minum pil KB. Besar sekali kemungkinan terkena di usia muda.

Dokter Spesialis Jantung dari Siloam Heart Institute (SHI) Prof dr Ganesja Harimurti, SpJP(K) mengatakan kombinasi rokok dan pil KB dapat mengacaukan kerja hormon estrogen. Hormon yang jadi pelindung bagi wanita supaya terhindar dari serangan jantung.

"Merokok saja sudah mengganggu kerja hormon tersebut. Ditambah lagi penggunaan pil KB," kata Prof Ganesja di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, ditulis Rabu (21/9/2016).

Merokok, jelas Prof Ganesja, bisa membuat pembuluh darah wanita mengecil. Sehingga mengakibatkan arteri jadi tersumbat. Sementara pil KB dapat mengentalkan darah wanita.

"Arteri tersumbat ditambah darah yang mengental membuat wanita rentan terkena serangan jantung lebih cepat," kata Prof Ganesja menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini