Sukses

Komedo Putih dan Hitam, Apa Bedanya?

Liputan6.com, Jakarta Komedo yang sering kali ditemukan di sekitar area hidung bisa benar-benar mengganggu. Diantara kedua komedeo tersebut, komedo hitam yang paling nampak mencolok dan ingin segera disingkirkan. 

Sebenarnya kedua komedo tersebut sama-sama muncul akibat pori tersumbat sel-sel kulit mati dan minyak. Perbedaannya hanya pada letak tersumbatnya pori-pori tersebut.

"Komedo putih berada di dalam pori-pori tertutup. Sementara komedo hitam pada pori-pori terbuka. Paparan udara dan oksidasi menyebabkan campuran sel-sel kulit mati dan minyak berubah menjadi abu-abu kehitam-hitaman," kata dokter spesialis kulit dari Union Square Laser Dermatology, Jennifer Chwalek.

Jangan heran bila ada orang yang tidak memiliki komedo. Menurut dokter Chwalek, kehadiran komedo tergantung dengan kondisi genetik kulit seseorang seperti dikutip laman InStyle, Rabu (21/9/2016).

Untuk mencegah atau mengurangi kehadiran komedo, baik hitam maupun putih, bisa dilakukan dengan mencuci wajah menggunakan asam salisilat.

"Mencuci wajah setiap hari dengan pembersih berbasi asam salisilat bisa membantu memberikan pengelupasan kulit lembut yang membantu membuka pori-pori dan mencegah penyumbatan baru," kata dokter Chalek.

Video Populer

Foto Populer