Sukses

Tips Hilangkan Komedo dan Kecilkan Pori-Pori di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Komedo terjadi akibat campuran minyak dan sebum di permukaan kulit yang menciptakan titik-titik hitam yang membuat kulit tidak sedap dipandang. Namun daripada mengeluarkan uang di toko obat, Anda dapat dengan cepat membuang komedo dan mengecilkan pori-pori dengan perawatan rumahan.

Perawatan rumahan ini secara alami membersihkan dan mengencangkan kulit, seperti yang dilansir dari Livestrong, Kamis (22/9/2016), berikut ini adalah tipsnya:

1. Pencuci wajah buatan sendiri

Membersihkan wajah dua kali sehari secara rutin dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan komedo. Cara membuatnya, campurkan setengah cangkir oat, seperempat air, setengah sendok makan madu, dan seperempat jus lemon.

Kemudian, celupkan jari Anda pada campuran tersebut dan pijat dengan lembut ke wajah Anda dengan gerakan melingkar kecil selama minimal 30 detik. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Oat berguna untuk mengelupas sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih, lemon membunuh bakteri, sementara madu menambah kelembaban yang diperlukan kulit Anda.

2. Scrub

Dua atau tiga kali seminggu, gunakan scrub abrasif alami yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit Anda. Caranya, campurkan tiga sendok makan krim segar, satu cangkir gula putih, setengah cangkir almond yang sudah ditumbuk, dan dua sendok makan minyak zaitun.

Setelah diaduk, pijat ke seluruh wajah Anda dalam gerakan melingkar selama satu menit, lalu bilas dengan air hangat kemudian dengan air dingin. Bersihkan dengan cara menepuk-nepuk lembut menggunakan handuk.

Jika masih ada sisa scrub alami tersebut, Anda bisa menyimpannya dengan membungkusnya dalam plastik dan simpan di dalam lemari es, untuk penggunaan selanjutnya.

3. Membuat masker

Oleskan masker buatan Anda sendiri dua kali seminggu. Caranya, campur satu sendok bubuk almond dan dua sendok air mawar, lalu aduk hingga membentuk pasta halus. Terapkan pada seluruh wajah Anda dan biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Simpan sisanya dalam lemari es.

4. Pembersih wajah

“Membersihkan wajah dengan toner dapat bermanfaat pada kulit, karena selain membantu menghilangkan sisa masker, juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati,” ujar dokter kulit di Yale, Dr. Alicia Zalka.

Caranya, rebus dua hingga tiga sendok daun kemangi selama 15 menit dan biarkan hingga dingin. Celupkan bola kapas ke dalamnya dan gosok ke seluruh wajah Anda. Kemangi bertindak sebagai antiseptik untuk bakteri penyebab komedo sekaligus membantu meningkatkan sirkulasi.

Selain itu, Anda bisa memasukkan air rebusan kemangi ke dalam botol semprot yang bisa Anda gunakan sepanjang hari untuk penyegaran.

Video Populer

Foto Populer