Sukses

Saat Hidung Banyak Komedo, Harus Apa?

Liputan6.com, New York- Titik-titik hitam di hidung alias komedo amat tidak sedap dipandang mata. Banyak orang juga merasa dirinya kurang menjaga kebersihan wajah gara-gara komedo. Padahal kata dokter spesialis kulit dari New York, Rachel Nazarian orang yang memiliki komedo bukan berarti tanda dia jorok.

Banyak orang yang berpendapat dengan sering mencuci wajah bisa mengurangi komedo. Namun, rupanya tidak. Mencuci wajah idealnya hanya dua kali sehari. 

"Komedo merupakan campuran dari oksidasi minyak dan sel-sel kulit mati yang terperangkap di pori-pori. Paparan udara membuat titik-titik ini berubah warna menjadi hitam. Sehingga bila Anda memiliki komedo bukan berarti jorok. Jangan juga gosok terlalu keras karena malah merusak kulit," kata Rachel.

Untuk mengurangi jumlah komedo di wajah, bisa dilakukan dengan rutin mengaplikasikan eksfoliator setidaknya dua kali seminggu seperti dikatakan dokter kulit dan bedah kecantikan dari Amerika Serikat, Jason Emer.

"Aku suka memasker wajar dengan campuran pepaya, charcoal, ekstrak nanas," kata Emer seperti dikutip laman Allure, Rabu (21/9/2016)

Selain itu bisa juga menggunakan retinoid. Menurut pakar kulit lainnya, retinoid merupakan perawatan yang bagus untuk mengatasi komedo.

Lalu, mengatasi komedo bisa juga menggunakan ekstrak sari lemon. Ambil sari lemon, oleskan di hidung yang berkomedo. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dicuci dengan air dingin. Ulangi perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu. Sari lemon bisa menghilangkan sel-sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, dan menghilangkan komedo.

Video Populer

Foto Populer