Sukses

Stres Sebabkan 3 Penyakit Ini Jadi Mematikan

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia tentunya pernah atau mungkin kini tengah mengalami suatu kondisi yang menyerang kesehatan fisik sekaligus psikisnya yaitu, stres.

Ada seribu satu alasan di balik kemunculan stres. Terkadang yang perlu diperhatikan baik-baik bukanlah pemicunya, namun konsekuensinya terhadap kesehatan dalam jangka waktu panjang yang harus menjadi pusat perhatian setiap penderitanya.

Mungkin sudah banyak orang tahu akan ancaman stres pada kesehatan fisik dan psikis manusia. Akan tetapi, mereka tidak tahu betul ancaman yang diberikan itu ketika menyerang beberapa organ penting dalam tubuh manusia dapat menyebabkan kematian secara instan.

Melansir Medical News Today, Rabu (21/9/2016), ada tiga penyakit akut yang bisa dipicu atau diperburuk dengan stres, terlepas dari ada atau tidaknya penyakit tersebut dalam sejarah riwayat kesehatan seseorang.

Apa saja dan bagaimana stres membuatnya menjadi senjata mematikan bagi manusia? perhatikan jawabannya di bawah ini:

Penyakit jantung

Stres dapat dengan mudahnya memicu serangan pada jantung baik secara langsung maupun tidak. Beberapa orang memilih mengonsumsi minuman beralkohol atau jadi beralih menggunakan amarah setiap kali dihadapi masalah. Hal ini secara tidak langsung membuat tekanan darah menjadi terlampau tinggi dan alhasil, orang tersebut akan dihantam serangan yang tak terhindarkan pada jantungnya. Ini bisa terjadi bahkan pada seseorang yang tidak mempunyai sejarah penyakit jantung.

Stres kerja diyakini memberikan manusia resiko terkena serangan jantung sebesar 23%. Terlebih, stres yang kerap dikeluarkan melalui amarah memiliki 9 kali resiko lebih besar membuat penderitanya meninggal dibandingkan pemicu lainnya.

Penyakit diabetes

Bukan hanya alkohol, penderita stres akut ada juga yang beralih ke makanan. Sebetulnya ini tidak negatif apabila jumlah asupan yang dikonsumsi tidak melampaui batas. Namun, ada yang melewati batas da mengonsumsi terlampau banyak makanan mengandung glukosa tinggi. Pasalnya, seseorang tersebut akan memiliki resiko tinggi alami penyakit diabetes yang juga dengan sangat mudahnya dapat merengut nyawa sang penderita.

Penyakit Alzheimer

Penyakit jantung dan diabetes menyerang organ fisik manusia. Stres tidak hanya menyerang kedua organ tersebut namun memiliki kemampuan untuk membuat penderitanya menderita penyakit Alzheimer.

Penyakit ini sangat kronis dan menyerang khususnya psikis manusia di mana penderitanya di buat menurun daya ingatannya, koordinasi tubuh, kemampuan bicara dan motivasinya untuk bertahan hidup.

Para ilmuwan di University of Gothernburg, Swedia menemukan fakta terbaru bahwa kadar hormon stres yang terlampau tinggi dalam otak memainkan peran yang sangat dominan untuk membuat seseorang menderita penyakit psikis ini.