Sukses

6 Hal yang Belum Diketahui tentang Kelainan Jantung Bawaan

Liputan6.com, Jakarta Efek dari cacat lahir yang paling umum adalah mulai bayi bisa tumbuh hingga dewasa, namun tak bisa menghindari sakit tersebut meski sudah menjalani operasi korektif.

Setiap tahun di Amerika Serikat, sekitar 40.000 bayi lahir dengan cacat jantung bawaan (CHD). Dan cacat lahir lainnya bisa lebih menurut Pusat AS untuk Kontrol dan Pencegahan Penyakit.

Sebagian besar cacat jantung telah diketahui penyebabnya. Dan sekarang, keberhasilan perawatan prenatal modern dan operasi jantung untuk bayi yang baru lahir hingga bisa tumbuh dewasa dan bertahan hidup makin meningkat. Bahkan, kematian terkait CHD menurun hampir 60 persen, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology.

Tetapi banyak orang yang lahir dengan cacat jantung bawaan tidak menyadari betapa luas hati mereka, sehingga berbeda dari orang lain. Penyakit jantung koroner (PJK) bukan hanya masalah kesehatan anak.

Berikut ini adalah enam hal yang mungkin belum pernah diketahui sekalipun dari dokter tentang kelainan jantung bawaan pada orang dewasa, dilansir laman Everydayhealth, Rabu (21/9/2016).

1 dari 6 halaman

1. Cacat jantung bawaan tidak semuanya sama

 

Untuk setiap satu dari 100 bayi yang lahir dengan cacat jantung bawaan kondisinya berbeda-beda. Karena ada lebih dari 40 jenis yang dikenal dari cacat jantung bawaan.

"Tidak ada dua pasien dewasa memiliki persis gejala yang sama, masing-masing adalah penyakit langka," jelas Paula Miller dari Memphis, Tennessee, seorang perawat yang lahir dengan cacat jantung bawaan. Dan kini ia bekerja sebagai manajer layanan anggota untuk the Adult Congenital Heart Association (ACHA) serta memberi dukungan untuk orang dewasa dengan cacat jantung.

Cacat jantung yang paling umum adalah atresia katup pulmonal, dan stenosis, yang terjadi ketika katup jantung tidak terbuka sepenuhnya.

2 dari 6 halaman

2. Cacat jantung bawaan diketahui setelah dewasa

 

Anda mungkin tidak tahu Anda lahir dengan cacat jantung bawaan sampai didiagnosis pada usia dewasa, dan Anda merasa sendirian. Tapi tidak.

"Saya tidak pernah bertemu orang lain yang sudah dewasa hidup dengan ACHD. Tapi sekarang lebih dari 1 juta orang dewasa AS hidup dengan cacat jantung bawaan. Dan ahli jantung memperkirakan jumlah anak-anak di bawah 1 juta," lanjut Miller.

3 dari 6 halaman

3. Pembedahan untuk cacat jantung bawaan tidak menyembuhkan

 

Jika Anda menjalani operasi jantung saat kecil, Anda perlu melakukan tindak lanjut saat dewasa. Orang dewasa dengan CHD dapat mengalami masalah kesehatan yang sedang berlangsung seperti irama normal jantung, stroke, gagal jantung, dan kematian dini kardiovaskular.

4 dari 6 halaman

4. Perlu perawatan khusus

 

Menurut ACHA, di bawah 10 persen dari orang yang lahir dengan cacat jantung bawaan benar-benar harus mendapat perawatan medis yang dibutuhkan sebagai orang dewasa. Dan mereka yang menderita cacat jantung bawaan tidak bisa ditangani hanya oleh seorang ahli jantung umum yang hanya memiliki enam jam pelatihan kuliah di CHD tanpa pengalaman.

Perlu minimal satu tahun pelatihan khusus seorang spesialis jantung untuk merawat orang dewasa mengidap jantung bawaan.

5. Penderita jantung bawaan juga bisa menderita penyakit lain

Orang dewasa dengan CHD juga rentan terhadap kondisi lain saat tua, salah satunya adalah osteoporosis, kata Miller.

5 dari 6 halaman

6. Orang dewasa dengan cacat jantung bawaan perlu olahraga

 

Orang yang hidup dengan cacat jantung bawaan sebelumnya dilarang untuk berolahraga. Sekarang mereka telah menemukan kalau olahraga itu penting. Mereka pun mendorong orang untuk berjalan, dan bergerak.

"Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui olahraga yang aman, dan tepat," kata Miller. The American Heart Association (AHA) mencatat bahwa kebanyakan orang yang lahir dengan cacat jantung tidak perlu membatasi aktivitas fisik mereka.

Video Populer

Foto Populer