Sukses

7 Alasan Di Balik Ketidakseimbangan Hormon pada Wanita

Liputan6.com, Jakarta Hormon yang tidak seimbang tentunya memberikan dampak buruk pada kesehatan Anda secara menyeluruh. Pasalnya, beberapa aktivitas atau upaya menjadi terhambat dengan kondisi hormon yang kurang atau tidak stabil.

Beberapa gejala dari ketidakseimbangan hormonal ialah kulit kasar, mudah kesal, masalah gynopathy, berat badan bertambah, mengalami kesulitan hamil, rambut tubuh secara berlebihan dan beruban.

Ada beberapa alasan mengapa Anda mengalami ketidakseimbangan hormon. Seperti dilansir dari Purelyb, Kamis (22/9/2016), berikut 7 alasannya:

1. Menopause

Produksi hormon mengalami penurunan drastis selama masa menopause, sehingga menyebabkan perubahan fisik dan fisiologis yang dramatis dalam tubuh.

2. Masalah 'Gynopathy'

Masalah yang lebih menyerang alat reproduksi ini, seperti infeksi kanker serviks dan kanker ovarium juga dapat berdampak pada hormon kita.

3. Penyakit kronis

Diabetes, anemia, dan anoreksia juga mempengaruhi cara hormon kita bertindak di dalam tubuh.

4. Kebiasaan makan

Tidak makan sarapan, makan yang berlebihan, serta konsumsi berlebih dari makanan berlemak juga dapat mengacaukan hormon Anda.

5. Berat badan yang turun drastis

Melakukan diet dengan cara yang salah juga bisa mengakibatkan fluktuasi berat badan yang tidak hanya akan menyebabkan hormon rusak, namun juga akan membuat Anda terlalu mudah mendapatkan berat badan yang berlebih.

6. Obat dan alkohol

Alkoholisme atau sedang mengonsumsi obat-obatan seperti obat anti kanker ataupun pil KB, juga memiliki efek samping terhadap ketidakseimbangan hormon,

7. Stres

Penyebab terakhir ialah stres, karena kondisi ini akan menyebabkan gangguan endokrin tubuh.

Video Populer

Foto Populer