Sukses

10 Cara Atasi Demam Anak Tanpa obat-Obatan

Bantu anak atasi kondisi demam tanpa mengandalkan obat-obatan berbahan kimia.

Liputan6.com, Jakarta Demam terjadi ketika suhu tubuh seseorang adalah 37,5 derajat celsius atau lebih, dan dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, dehidrasi, gigitan nyamuk, sengatan lebah, atau reaksi alergi pada sesuatu.

Demam pada anak patut menjadi perhatian utama para orangtua lantaran tubuh mereka masih terlampau lemah untuk melalui kondisi tersebut dan kedua orangtualah yang tahu pasti seperti apa pengobatan yang tepat untuk diberikan kepada mereka.  Ada beberapa cara untuk mengontrol demamnya dan membuat suhu tubuhnya turun tanpa mengandalkan obat-obatan. Metode ini mudah untuk diterapkan dan umumnya menggunakan bahan alami, seperti dilansir dari Purelyb, Rabu (21/9/2016):

1. Jaga anak agar tetap terhidrasi dengan baik

Demam menyebabkan peningkatan tingkat metabolisme yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan dengan cepat. Lebih baik berikan anak banyak cairan seperti air putih, teh herbal, sup, kaldu, bahkan buah yang dihancurkan untuk menghindarinya dari potensi dehidrasi. Hindari minuman mengandung kafein.

2. Pastikan anak Anda tidak mengenakan pakaian yang membuatnya kepanasan

Lebih baik kurangi pakaian seperti jaket dan gunakan pakaian yang sejuk untuk memungkinkan panas dalam tubuhnya keluar.

3. Gosok tubuhnya menggunakan air hangat untuk menurunkan demam

Jangan menggosoknya menggunakan air dingin, karena ini akan menyebabkan pembuluh darahnya mengerut sehingga panas dalam tubuh lebih sulit keluar.

4. Dorong anak untuk istirahat dan tidur

Ketika anak aktif, tubuhnya menghasilkan panas lebih banyak sehingga demamnya sulit turun. Istirahat memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi.

5. Berikan teh herbal

teh herbal jenis Elderflower akan membuatnya berkeringat lebih cepat sehingga panas cepat turun. Kemudian teh peppermint bisa juga menurunkan demam, dan yarrow bisa melakukan keduanya.

6. Asam jawa

Asam jawa bisa mendinginkan atau mengurangi dan mencegah demam (antipiretik). Berikan anak Anda minuman sari asam jawa untuk membantu menurunkan demam. Selain itu Anda juga dapat membuat teh dengan asam jawa dan gunakan pada bak mandi anak, merendamnya dalam air asam jawa akan membantu mengurangi demam.

7. Teh jahe

Teh ini sangat membantu anak jika ia merasa dingin dan memiliki tangan serta kaki yang dingin. Jahe akan memicu keluarnya keringat saat demam, sehingga sangat membantu dalam mengendalikan demamnya.

8. Vitamin C

Vitamin C bersifat anti peradangan dan dapat membantu mengurangi demam dari infeksi ringan.

9. Bawang putih mentah

Beri anak Anda bawang putih mentah untuk dimakan, atau jika anak kesulitan memakannya secara mentah, Anda bisa memberikan kapsul bawang putih yang dilarutkan dalam air atau supnya. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang dapat membantu turunkan demam.

10. 'Echinacea' dan 'goldenseal'

Tanaman obat herbal ini dapat melawan infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.