Sukses

7 Cara Alami Detoksifikasi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Disadari atau tidak, ada banyak bahan kimia beracun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jika terlalu berlebih bisa berdampak pada kesehatan. 

Racun merkuri, atau logam berat, biasanya ditemukan dalam makanan laut dan lingkungan yang dapat memengaruhi otak, paru-paru, dan ginjal. 

Ginjal, hati, dan sistem limfatik yang sangat efektif menyingkirkan bahan kimia berbahaya. Cara yang bermanfaat untuk membantu proses ini yaitu dengan memastikan seluruh sistem bekerja dengan baik dengan mengambil mineral, vitamin, dan senyawa lain yang dibutuhkan tubuh. 

"Mulailah dengan dasar-dasar, seperti olahraga, istirahat yang cukup," kata Dawn Cannon, dari National Integrated Health Associates di Washington, DC, dilansir laman Rodalesorganiclife, Rabu (21/9/2016). Berikut ini cara alami membuang racun dalam tubuh:

1. Keringat

Buat tubuh berkeringat karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa keringat Anda berisikan jejak logam berat seperti arsenik, timbal dan merkuri. Masing-masing racun memiliki kadar satu sampai dua persen. Olahraga yang baik dapat membuat Anda mengeluarkan racun lewat keringat.

2. Sayuran hijau

Cannon mengatakan, sayuran hijau bisa menjadi persediaan tinggi nutrisi dalam tubuh. Banyak proses detoksifikasi tubuh berkaitan dengan adanya kadar yang cukup vitamin dan mineral terutama vitamin B, seng, magnesium, mangan, dan molybdenum. Anda bisa mengonsumsi bayam atau brokoli dan kubis.

3. Air jeruk

Vitamin C merupakan kunci utama kekuatan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa membantu tubuh memproduksi glutathione, antioksidan yang menetralkan racun dan meningkatkan enzim pencernaan.

4. Kontrol nafas

Oksigen adalah komponen penting namun kurang dihargai sebagai detoksifikasi alami tubuh. Menghirup nafas yang dalam selama lima detik melalui lubang hidung kemudian dilepaskan melalui mulut, merupakan cara menukar karbondioksida dengan oksigen. Ini bisa membantu sistem limfatik untuk menangkal racun, patogen dan limbah.

5. Bawang putih

Seperti jeruk, bawang putih membantu produksi glutathione dan mendukung enzim hati. Bawang putih juga memiliki 39 zat yang berbeda untuk melawan jamur, bakteri, parasit, dan virus.

6. Minum banyak air

Ginjal menghasilkan urin yang merupakan "pemain utama" dalam membantu tubuh mengeluarkan racun. Sehingga, minum banyak air putih membantu kinerja ginjal Anda.

7. Minum teh

Teh hijau, hitam dan olong berasal dari tanaman yang sama. Tapi, pengolahan teh hijau dengan mengukus daun teh hingga layu bisa menghasilkan minuman yang kaya akan katekin, senyawa yang menghilangkan radikal bebas.

Sebuah studi di University of Arizona Cancer Center menemukan bahwa orang yang minum katekin teh hijau mengalami peningkatan enzim hingga 80 persen yang mampu melindungi tubuh dari kanker dan racun lain yang masuk ke dalam tubuh.

(Aluna Swara)

Video Populer

Foto Populer