Sukses

Mengapa Puting Perempuan Bisa Mengeras dan Menciut Tanpa Sebab?

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda, puting payudara perempuan bisa mengeras dan menciut kembali walaupun tanpa rangsangan. Bahkan ketika kita berada dalam suhu ekstrem, puting bisa berubah tanpa kita sadari.

Sebuah studi ternyata pernah meneliti hal ini. Para ilmuwan dari Karolinska Institutet di Swedia menemukan, puting ternyata memiliki saraf khusus yang membuat dia menjadi tegang, merinding dan mengerucut kembali.

Penelitian yang diterbitkan di Science Daily tersebut melaporkan, sistem saraf simpatis pada puting memiliki cara untuk merespon stimulus fisik atau emosional. Namun, dalam sebuah studi baru, para ilmuwan menunjukkan bahwa sistem saraf di puting terdiri dari neuron yang berbeda dengan saraf yang mengatur fungsi fisiologis tertentu, seperti kontrol otot ereksi.

"Pada dasarnya, bahkan ketika kita tidak terangsang, fungsi sistem saraf kita bekerja tanpa sadar. Seperti itulah puting bekerja--dia seolah memiliki pikiran mereka sendiri. Saraf ini kemudian berjalan bersama dengan hal-hal lain yang tidak otomatis seperti mencerna makanan, menjaga suhu tubuh, dan memompa darah ke seluruh," tulis peneliti.

Video Populer

Foto Populer