Sukses

Obesitas Rawan Kanker Ginjal

Anda yang memiliki bobot berlebih atau obesitas harus makin hati-hati. Sebuah penelitian menunjukan, penyandang obesitas rawan terkena kanker ginjal.

Liputan6.com, New York: Anda yang memiliki bobot berlebih atau obesitas harus makin hati-hati. Sebuah penelitian di New York menunjukan, penyandang obesitas rawan terkena kanker ginjal.

Dalam penelitian terhadap lebih dari 1.640 pasien tumor ginjal yang rata-rata berusia 62 tahun, para peneliti menemukan fakta bahwa 48 persen lebih pasien obesitas terindikasi mengembangkan sel kanker ginjal atau renal cell carcinoma (RCC). Setiap sel RCC, kata mereka, berpeluang meningkat empat persen bila indeks berat tubuh lebih dari 30 indeks berat badan atau body-mass index (BMI).

Dijelaskan para peneliti, sel RCC secara jelas ditemukan sebanyak 67 persen dalam tubuh penderita tumor ganas yang obesitas, sedangkan pasien nonobesitas hanya sebesar 57 persen. "Pasien obesitas dan nonobesitas mempunyai resiko yang sama terjangkit tumor ganas, termasuk tumor papiler, chromophobe, dan saluran kencing," tambah mereka.

"Faktor kesehatan dan gaya hidup, seperti diabetes, hipertensi, dan merokok, juga mempengaruhi," kata Dr William T. Lowrance dari Memorial Sloan-Kettering Cancer Center di New York City. "Faktor independen lain yang mempengaruhi pertumbuhan sel RCC adalah pasien berjenis kelamin laki-laki dan besar kecilnya ukuran tumor."(ADDY/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini