Sukses

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Wanita Menopause

Liputan6.com, Jakarta Obat memang membantu mengobati gejala menopause. Tetapi makanan, dan minuman memiliki dampak besar pada kesehatan keseluruhan.

Memang sulit, dan sangat tidak praktis untuk mengubah pola makanan dari yang tidak sehat atau makanan yang memicu gejala menopause.

Untuk itu, yang terbaik adalah mencoba mengurangi asupan makanan sampai Anda merasakan dampak diet pada tubuh, dilansir laman 34-menopause-symptoms, Selasa (20/9/2016).

1. Makanan dipanggang

Dianjurkan untuk membatasi makanan olahan yang mengandung kadar tinggi lemak jenuh dan gula, termasuk roti putih, muffin. Makanan ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan, dan kadar gula darah meningkat tajam.

Untuk menghindari makanan yang tidak sehat, cobalah mengganti roti putih dengan gandum dan pasta.

2. Kafein

Kebanyakan orang yang menyukai kopi diminum saat pagi, atau minuman soda di sore hari. Minuman berkafein memang tidak berbahaya jika sesekali, diminum bersama teman-teman sambil bersantai.

Namun kafein menjadi masalah jika menjadi penopang atau sesuatu yang Anda konsumsi setiap hari. Cobalah perlahan menurunkan kafein dan menggantinya dengan air, serta jus buah 100 persen atau teh herbal.

3. Makanan asin olahan

Sodium dalam tubuh untuk mempertahankan cairan, yang dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan kembung. Teratur mengonsumsi terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah, serta risiko terserang stroke atau penyakit jantung.

4. Alkohol

Alkohol dapat memicu sakit kepala, keringat dingin, dan kecemasan. Menurunkan alkohol dapat membantu mengurangi menopause dan bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh.

5. Makanan pedas

Senyawa hadir dalam paprika, yang membuat pedas, capsicum, sehingga memicu panas seketika, dan keringat di malam hari jika dikonsumsi menjelang tidur.

Mengurangi makanan yang mengandung capsicum dapat membantu meringankan osteoarthritis, psoriasis, dan herpes zoster.

Dengan menghindari makanan dan minuman tersebut, Anda dapat membuat jurnal asupan mana yang membuat gejala menopause atau masalah kesehatan lainnya.

Jika menopause mengubah kualitas hidup Anda, penting untuk mendatangi dokter. Dengan begitu, Anda akan mendapat resep obat serta saran yang disesuaikan dengan situasi dan gejalanya.

 

Video Populer

Foto Populer