Sukses

Risiko Menopause Dini

Liputan6.com, Jakarta Menurut data yang dilansir oleh Daily Mail, peneliti dari Imperial College London menemukan bahwa menopause dini memberikan dampak kesehatan kepada wanita, salah satunya rentan terhadap serangan jantung, stroke dan penyakit tulang di kemudian hari.

Sejatinya menopause adalah hal normal pada fase kehidupan seorang wanita. Namun, ketika menopause datang terlalu awal, sebaiknya Anda waspada. Berikut adalah beberapa risiko kesehatan yang ditandai oleh menopause dini, dikutip dari laman Healthline, Selasa (20/9/2016).

Kegagalan ovarium prematur

Datangnya fase menopause yang belum waktunya bisa jadi merupakan gejala kegagalan ovarium prematur. Penderita kegagalan ovarium prematur tetap punya kemungkinan mengalami menstruasi, tetapi menurut laman Healthline umumnya sulit untuk hamil.

Penyakit autoimun

Menopause dini bisa menjadi gejala dari suatu penyakit autoimun. Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel tubuh sendiri karena dianggap berbahaya.

Epilepsi

Sebuah studi menemukan wanita yang menderita epilepsi berisiko menopause dini. Jika Anda merasa tidak menderita epilepsi, mungkin ada baiknya memeriksakan diri untuk menemukan penyebab pasti mengapa Anda mengalami menopause dini.

Video Populer

Foto Populer