Sukses

Kulit Pisang dan 6 Bahan Ini Bikin Gigi Putih Bersinar

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita memilih jalan cepat untuk membuat senyumannya semakin bersinar dengan gigi putih dan bersih. Jalan cepat tersebut tentunya memakan banyak biaya dan mungkin saja berisiko terhadap kesehatan Anda.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki gigi putih bersinar dengan cara yang alami, gunakan bahan-bahan berikut ini.

1. Arang aktif
Arang aktif atau activated charcoal adalah arang yang dipanaskan dan merupakan versi teroksidasi dari arang yang biasa dipakai untuk memasak. Arang jenis ini aman untuk dikonsumsi. Bila Anda menerapkannya ke gigi Anda, bahan alami ini akan mengikat noda yang menempel di gigi seperti kopi, anggur dan plak.

Namun, seperti dilansir Rodale's Organic Life, Selasa (20/9/2016), dokter gigi memperingatkan Anda untuk tidak menggosok gigi langsung dengan arang aktif ini. Bentuknya yang kasar dan keras bisa menghilangkan enamel gigi. Cobalah campur arang aktif dengan pasta gigi dan air kemudian oleskan pada gigi dan biarkan selama 3 menit sebelum dibilas.

2. Kulit pisang
Kulit pisang mengandung banyak kalium, magnesium dan mangan, yang bisa menghilangkan noda dari gigi Anda. Untuk mencoba cara ini, pilih pisang yang matang sempurna, tidak hijau dan tidak ada bintik-bintik cokelat. Potong persegi panjang kecil kulitnya, gosok bagian dalam kulit ke gigi Anda selama sekitar 2 menit kemudian sikat gigi seperti biasa.

3. Cuka sari apel
Cuka ini memiliki sifat antibakteri sehingga bisa digunakan sebagai obat kumur yang membantu mencegah plak di gigi Anda. Kumur satu sendok cuka sari apel dengan air setiap pagi untuk menjaga gigi tetap putih

 

1 dari 2 halaman

Kunyit

4. Kunyit
Bumbu dapur yang satu ini dikenal memiliki warna kuning yang pekat. Meski warnanya kuningnya mudah menempel di mana pun, kunyit memiliki sifat astringent yang berarti bisa mengencangkan gusi dan menghilangkan plak gigi.

5. Minyak kelapa
Minyak kelapa merupakan antibakteri yang telah terbukti mengurangi gingivitis penyebab plak gigi. Cobalah berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa.

6. Baking soda
Ini adalah bahan paling kuat menghapus noda apa pun, termasuk pada gigi. Karenanya, banyak pasta gigi yang menggunakan baking soda sebagai bahan utama memutihkan gigi. Namun, bentuknya yang kasar bisa membuat enamel gigi terkikis. Sebaiknya gunakan baking soda tidak terlalu sering.

7. Hidrogen peroksida
Pembersih yang satu ini adalah bahan pemutih alami yang sering juga ditemukan pada pasta gigi pemutih dan obat kumur. Hidrogen peroksida bisa benar-benar memutihkan warna gigi Anda dalam jangka waktu yang lama pula.

Meski hidrogen peroksida berpotensi membawa bahaya ke mulut Anda, konsentrasi hidrogen yang rendah seperti 2-3 persen masih aman untuk masuk ke mulut. Caranya, larutkan hidrogen dengan air, kemudian kumur dan pastikan tidak menelannya.

(Aluna Swara)

Video Populer

Foto Populer