Sukses

Payudara Nyeri Saat Menstruasi? Itu Normal

Liputan6.com, New York- Jelang atau saat menstruasi banyak perempuan merasakan payudara terasa pegal, bengkak dan amat sensitif. Banyak wanita yang khawatir, namun sebenarnya hal itu umum terjadi.

Sekitar 69 persen wanita usia 25 hingga 45 tahun merasakan ketidaknyamanan pada payudara sebelum dan saat menstruasi. Hal ini diungkapkan survei Harris Poll pada 2015.

"Nyeri payudara atau dikenal sebagai nyeri payudara siklis cukup umum terjadi," kata dokter kebidanan dan kandungan Northwestern University Feinberg School of Medicine, Amerika Serikat, Lee Shulman.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan payudara jadi nyeri. Namun beberapa dokter menyebutkan hal tersebut terjadi akibat perubahan jaringan jelang dan saat menstruasi seperti diungkapkan di Mayo Clinic.

Seperti kita ketahui, kehidupan wanita tak lepas dari pengaruh hormon. Saat menstruasi misalnya, terjadi penurunan hormon estrogen sehingga membuat jaringan payudara jadi lebih tebal. Hal inilah yang menimbulkan rasa nyeri. Namun pada beberapa perempuan ada yang tidak merasakan rasa nyeri tersebut. 

"Perubahan ini bisa jadi hal yang menyeramkan bagi sebagian wanita, tapi tak perlu untuk dikhawatirkan. Ini adalah reaksi normal akibat fluktuasi hormon," kata dokter Shulman seperti dikutip laman Good Housekeeping, Selasa (19/9/2016).

 

Video Populer

Foto Populer