Sukses

Apa yang Harus Dilakukan untuk Cegah Kanker Prostat?

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan gaya hidup sehat merupakan kunci dari aneka hal termasuk mengurangi risiko pada kanker prostat. Namun sebuah studi yang dipublikasikan dalam JAMA Oncology menyebut ada empat hal yang termasuk dalam gaya hidup sehat yang bisa menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 40 persen.

Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah tidak merokok atau memiliki sejarah sebagai perokok berat, minum minuman beralkohol kurang dari dua gelas per hari menjaga indeks massa tubuh di antara 19-25. serta berolahraga paling tidak 150 menit per minggu seperti dikutip laman Mens Health, Selasa (20/9/2016).

"Nampaknya kombinasi faktor-faktor di atas mencegah secara kuat terjadinya kanker," kata peneliti Mingyang Song dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, Amerika Serikat.

Bukan hanya menjalankan salah satu faktor saja yang bisa berperan mengurangi risiko kanker prostat, melainkan keempatnya. Misalnya orang tetap mengonsumsi alkohol berlebihan. Hal ini membuat sistem pencernaan tubuh menciptakan komponen yang bisa merusak DNA dan bisa menyebabkan mutasi kanker.

Sebenarnya empat faktor di atas tersebut bukan hanya mengurangi risiko kanker prostat, tapi juga menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Video Populer

Foto Populer