Sukses

5 Fakta Penting Menopause Dini

Ada sekitar satu dari 100 wanita yang terkena menopause dini di dunia ini.

Liputan6.com, Jakarta Julia Perez mengaku mengalami menopause dini akibat pengobatan kanker serviks yang dialami beberapa tahun lalu. Hal ini membuat wanita yang berusia 36 tahun ini tidak menstruasi selama dua tahun terakhir dan merasakan vaginanya lebih kering.

Menurut pakar, kasus menopause yang terjadi pada wanita di bawah 40 tahun itu jarang terjadi. Ada sekitar satu dari 100 wanita yang terkena menopause dini di dunia ini.

Berikut fakta-fakta lain dari menopause dini seperti dipaparkan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Imperial College Hospital, Inggris, Etienne Horner seperti dikutip laman Marie Claire, Selasa (20/9/2016).

- Rata-rata wanita di Inggris dan Amerika Serikat menopause pada usia 51 tahun.

- Gejala menopause dini sama seperti menopause yakni ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur, hot flushes, berkeringat di malam hari, vagina kering, libido rendah, dan perubahan suasana hati.

- Jika tidak menstruasi selama tiga bulan berturut-turut datangi dokter untuk melakukan pengecekan estrogen.

- Jika ibu, saudara perempuan, atau nenek mengalami menopause dini besar kemungkinan mengalami hal yang sama.

- Cara pengobatan terbaik yakni seperti menopause normal yakni dengan menggantikan estrogen dengan HRT lewat kulit untuk mengurangi efek samping menopause.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini