Sukses

Solusi Mudah Atasi Jerawat untuk Kulit Sensitif

Seringkali kita berpikir bahwa air yang terlihat bersih dan bening, berarti sudah layak untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari, salah sat

Liputan6.com, Jakarta Seringkali kita berpikir, air yang terlihat bersih dan bening sudah layak untuk mencuci muka. Jika kulit kita bukan jenis kulit yang sensitif, mungkin hal ini tidak masalah. Namun siapa sangka, air berpengaruh besar pada wajah karena bisa memicu jerawat.

Mengutip USnews, jerawat adalah salah satu kondisi dermatologi paling umum yang sering mempengaruhi banyak orang di dunia, baik remaja, dewasa, pria, maupun wanita. Banyak faktor penyebab munculnya jerawat, mulai dari masalah hormonal, makanan, hingga hal yang paling sederhana, yaitu air.

Seperti disampaikan ahli anti penuaan dan estetika, Dr. Dewi Anggreani Indra, M. Biomed (AAM), air berpengaruh besar pada kulit kalau kandungan mineralnya terlalu tinggi. Selain mineral, logam yang tinggi juga mempengaruhi kulit wajah.

"Jika kulit seseorang berjenis normal dan kemudian mencuci muka dengan air yang kurang bersih, kulit mereka cenderung akan kering. Sedangkan jenis kulit yang memang sudah kering, biasanya akan bertambah lagi kekeringannya. Tetapi jika kulit Anda adalah jenis yang sensitif, hal tersebut bisa memunculkan jerawat bahkan gatal-gatal," katanya, ditulis Senin (19/9/2016).

Bila ingin aman, kata dia, airnya harus dibawa ke laboratorium untuk diperiksa secara menyeluruh kandungannya. Namun hal ini tentu akan memakan waktu dan biaya. Solusinya, mungkin Anda bisa menggunakan air galon.

"Pasien saya yang jerawatan akibat baru pindah kosan yang mungkin airnya tidak bersih. Saya lalu coba menyarankan untuk sementara waktu mencuci mukanya dengan air galon dan seminggu kemudian, jerawatnya bisa berkurang," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.