Sukses

BPJS Kesehatan Telah Banyak Membantu Para Pejuang Kanker Payudara

BPJS Kesehatan telah banyak membantu orang-orang dengan kanker, termasuk kanker payudara. Namun, masih dinilai kurang. Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mengundang para penyintas kanker payudara ke acara kopi darat yang akan berlangsung pada 1 Oktober 2016. Akan ada diskusi panel membahas layanan BPJS Kesehatan yang telah banyak membantu pejuang kanker payudara di acara kopi darat itu. Selain mendengar cerita dari masing-masing peserta dalam menghadapi penyakit yang sering dianggap mematikan tersebut.

Pendiri Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Agum Gumelar mengaku BPJS Kesehatan sangat membantu pengidap kanker payudara. Hanya memang ada sejumlah hal yang tampak jauh lebih bagus lagi apabila segera dibenahi. Tidak ada lagi waktu menunggu yang terlalu lama, antrean yang sangat panjang, dan sistem rujukan yang sedikit agak menyusahkan.

"Kanker ini penyakit yang berkejaran dengan waktu. Artinya, kankernya lari 60 kilometer per jam tapi pelayanan untuk kanker payudara hanya berlari enam kilometer per jam. Penyakit ini sangat cepat, tidak bisa menunggu, belum lagi ahli bedah atau onkologinya terbatas," kata Linda Gumelar kepada Health Liputan6.com di Studio 1 Indosiar, Jakarta Barat, Jumat (17/9/2016)

Menurut Linda, kondisi semacam ini justru semakin memperparah keadaan. Bisa-bisa yang semula baru stadium awal berubah jadi stadium lanjut. Kemudian, Linda berharap kalau BPJS Kesehatan ini melayani semua jenis obat-obatan yang dibutuhkan pasien kanker payudara. Tidak hanya obat-obat jenis tertentu saja yang digratiskan.

"Biaya obat tidak semua ditanggung BPJS kesehatan. Biasa sesuai dengan formulasi obat nasional," kata Linda.

"Biasanya, kalau belum estatase tidak akan didukung. Kita harus bayar sendiri obat-obat tertentu. Kami berharap sebelum estatase sudah dibantu," kata Linda Gumelar menambahkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini