Sukses

Olahraga Sambil Tertawa Dirancang Khusus untuk Lansia

Liputan6.com, Jakarta Masukkan simulasi gelak tawa ke dalam aktivitas fisik khusus para orang tua dapat meningkatkan daya tahan, kesehatan mental, dan kepercayaan diri mereka. Cocok diberi ke pasien dengan gangguan fungsional atau kognitif.

Ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan Celeste Greene, seorang mahasiswa pascasarjana dari Georgia State University. Ia menciptakan program latihan khusus dengan menggabungkan simulasi gelak tawa yang dinamakan Laugh Active.

Program Laugh Active dirancang agar para orang tua mampu menjaga keseimbangan, fleksibiltas, dan kuat selama melakukan aktivitas fisik demi tercapai hidup yang lebih berkualitas.

"Kombinasi tawa dan olahraga dapat memengaruhi orang dewasa yang lebih tua untuk memulai melakukan olahraga. Agar bertahan lama, dibuatlah program ini," kata Celeste dikutip dari Times of India, Senin (19/9/2016)

Sebanyak 96,2 persen peserta mengatakan senang dengan tambahan semacam ini selama latihan. Sekitar 88,9 persen lagi mengatakan tertawa di sela-sela latihan membuat latihan lebih menyenangkan dan tidak mudah lelah. Secara keseluruhan ingin kembali melakukan olahraga sambil tertawa bersama-sama. Kaum muda seperti Celeste begitu menyadari betapa sulit bagi para orang tua mempertahankan kebiasaan hidup sehat dengan rutin olahraga.

Celeste menjelaskan bahwa program Laugh Active dirancang supaya orang tua tidak lagi menganggap olahraga sebagai kegiatan membosankan. Apalagi manfaat aktivitas fisik begitu besar untuk para orang tua.

Latihan dengan kombinasi gelak tawa diberikan setiap dua sesi selama latihan 45 menit. Mereka harus tertawa selama 30 detik sampai satu menit. Ada 10 macam latihan tawa yang dirancang Celeste Greene untuk para orang tua

Video Populer

Foto Populer