Sukses

Tips Memilih Hidangan Pembangkit Nafsu Makan

Berikut adalah 4 cara untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Nafsu makan yang rendah dapat menjadi masalah besar bagi orang-orang yang kekurangan berat badan. Sangat sulit untuk menjaga berat badan jika Anda tidak merasa lapar, tidak enak makan, atau kesulitan untuk memasak makanan. Tidak peduli apa alasannya, mendapatkan nutrisi yang cukup setiap hari dapat menjadi perbedaan besar ketika tubuh harus bekerja. Mengonsumsi cukup kalori, protein, lemak, vitamin dan mineral membantu menjaga otot-otot agar tetap kuat dan sehat. Yang terpenting, menjaga otak tetap dapat bekerja optimal.

Berikut adalah 4 cara untuk meningkatkan nafsu makan Anda dan pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan.

Pilih makanan yang kaya nutrisi

Semakin sedikit Anda dapat makan, upayakan untuk memilih makanan yang padat nutrisi. Ini berarti fokus pada protein, lemak sehat, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Membatasi kalori kosong seperti keripik, minuman manis dan permen, karena makanan-makanan jenis ini tidak menyediakan nutrisi.

Dikutip dari Livestrong, Jumat (16/9/2016), ada sejumlah pilihan nutrisi padat kalori yang bisa Anda pilih, antara lain avokad, pisang, buah kering, ubi jalar, kentang putih, kacang polong dan jagung. Untuk kalori dan protein ekstra, ada telur, hummus, keju, puding, kacang-kacangan dan selai kacang. Dari kelompok biji-bijian, cobalah roti gandum dan bagel, kacang anggur, quinoa dan kismis. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan besar ketika berselera

Makan besar ketika sedang selera

Kelaparan ketika bangun pagi? Itu pertanda Anda harus makan makanan yang banyak lagi mengenyangkan. Momennya bisa beragam, jika memang harus di siang hari, tak jadi soal. Yang terpenting memuaskan rasa lapar yang sedang dalam kondisi puncak.

Anda juga mungkin merasa sangat lapar saat sarapan, maka sebaiknya pilih makanan yang kaya akan kalori, protein dari telur dan roti gandum, bagel dengan irisan keju atau semangkuk kismis dengan susu.

Makan makanan kecil lebih sering

Ketika nafsu makan rendah, makanan berat dapat menjadi momok menakutkan. Jika demikian, siasati dengan cara menambah intensitas makan dari biasanya tiga kali menjadi 5 kali dalam sehari.

Batasi minuman saat makan

Hindari mengisi cairan sebelum Anda selesai makan. Fokus pada makanan dulu, kemudian baru boleh meminum air, kopi, teh, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini