Sukses

Bunda, Segera Lakukan Ini Saat Bayi Tersedak

Beberapa kasus tersedak mampu merenggut nyawa seketika.

Liputan6.com, Jakarta Tersedak menjadi kondisi yang membahayakan bagi keselamatan manusia. Bahkan beberapa kasus tersedak mampu merenggut nyawa seketika.

Menangani orang dewasa yang tersedak, korban dipaksa untuk batuk dan induksi muntah atau dengan cara memberi pukulan di bagian bahu dengan telapak tangan. Namun cara ini tidak bisa dilakukan untuk menangani bayi yang tersedak.

Banyak orangtua, khususnya ibu yang keburu panik saat sang bayi tersedak, secara refleks memukul punggung si bayi untuk mengeluarkan makanan atau minuman dari mulut.

Hal tersebut memang menjadi salah satu cara menangani bayi tersedak, namun ada cara yang lebih tepat untuk menangani bayi tersedak. Dalam acara peluncuran Kampanye #Siagahansaplast, para ahli di bidang penanganan kasus emergensi memberikan tips tepat berikut ini untuk menangani bayi yang tersedak.

1. Tidurkan bayi di lengan menghadap ke bawah sambil ditengadahkan ke bawah, sehingga posisi kepala lebih rendah dari dada.
2. Pegang kepala bayi dengan tangan Anda, tahan mulut bayi dan pastikan leher tidak menekuk ke dada.
3. Tepuk punggung bayi sebanyak lima kali diantara bahu dengan menggunakan telapak tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.