Sukses

Ini Hal yang Bikin Kita Tiba-tiba Terbangun dari Mimpi Indah

Bermimpi adalah aktivitas saat tidur yang terkadang bisa kita rancang sesuai khayalan masing-masing orang.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda terbangun secara tiba-tiba saat sedang menikmati mimpi yang indah? Tentunya hal ini akan membuat Anda kesal lantaran merasa seolah kebahagiaan direngut begitu saja oleh kenyataan. Rasa kesal tentunya jauh lebih memuncak apabila Anda belum sampai ke bagian terbaiknya dalam mimpi tersebut.

Mengapa kalau begitu kita bisa tiba-tiba terbangun padahal sedang memimpikan hal yang indah? Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita terlebih dahulu harus memahami bahwa umumnya mimpi itu bukanlah hal yang mudah diingat oleh seseorang.

Ketika otak berkemampuan merekamnya maka kondisi tersebut disebut sebagai lucid dream. Kondisi ini memperbolehkan pemimpinya mengingat hal atau apa pun yang ia rasakan, lewati dan nikmati selama proses bermimpi dalam situasi tertidur.

Dalam lucid dream, pemimpi memiliki kesempatan untuk mengendalikan mimpi mereka, mulai dari karakter hingga lingkungan yang dirancang secara independen dalam otak orang tersebut. Pasalnya, ketika terbangun orang tersebut cenderung akan lebih mungkin untuk mengingat atau menyadari apa yang terjadi padanya dalam mimpi tersebut.

Lalu, kembali ke persoalan awal, mengapa kita terbangun di tengah mimpi indah? apalagi mimpi yang merupakan rancangan dari khayalan kita.

Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Mirror, Minggu (18/9/2016).

Pada umumnya mimpi akan terus menerus berlangsung selama seseorang sedang dalam keadaan tidur. Jadi, tidak ada jeda diantara satu mimpi dan yang lainnya. Ini berarti jalan cerita indah dalam kepala kita saat tertidur memakan waktu berjam-jam sesuai dengan durasi tidur kita atau tergolong lama. Nah, untuk seseorang yang aktif beraktivitas di pagi hari atau sudah terbiasa bangun pagi lantaran harus menyiapkan diri ke sekolah, kampus atau kantor, sangat mungkin untuk mimpi indah mereka terhentikan secara tiba-tiba.

Tanpa disadari kebiasaan bangun pagi yang tergesa-gesa membuat seseorang tidak bisa meneruskan mimpi indahnya di kala sedang tidur nyenyak. Meski sebetulnya mereka bisa menikmati mimpi indah tanpa harus terbangun tiba-tiba, rasa ketidaknyamanan yang kerap dipicu oleh keharusan melakukan rutinitas pagi mereka membuat hal tersebut sulit.

Namun, banyak hal lain yang bisa membuat kita terbangun tiba-tiba seperti, suara bising, posisi tidur kurang nyaman, perubahan suhu udara secara instan dan masih banyak lagi.

Memahami Siklus Tidur Kita

Ada dua tahap dalam tidur, yaitu Non-Rapid Eye Movement (NREM) dan Rapid Eye Movement (REM).

NREM adalah tahapan yang dimulai saat kita mulai tertidur dan berlangsung dalam waktu yang sangat singkat yaitu kurang lebih sekitar lima menit. hingga akhirnya kita tertidur sangat lelap. Dalam tahap ini, mimpi tidak bisa kita ingat.

Lalu tahap Akhir REM terjadi sebelum akhirnya kita betul-betul terbangun dari tidur. Tahap ini biasanya terjadi paling lama dan bisa menjadi mimpi yang paling penuh dengan skenario. Inilah sebabnya mengapa beberapa mimpi terasa lebih jelas dibanding yang lainnya, karena di tahap ini mimpi bisa kita ingat.

Jadi kesimpulannya, Anda bisa terbangun selama mimpi sedang berlangsung, namun Anda akan hanya ingat mimpi yang terjadi di tahap REM, baik mimpi yang indah atau yang buruk sekali pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.