Sukses

[Tanya BPJS Kesehatan] Bagaimana Ambil Kartu BPJS bila Resign?

apakah kartu / nomer BPJS saya dari perusahaan sebelumnya bisa digunakan atau diteruskan lagi di perusahaan yang sekarang atau tidak

Liputan6.com, Jakarta Tanya

Saya Firas 25 thn. Saya pernah bekerja di sebuah perusahaan swasta di Jakarta dan menjadi peserta BPJS Kesehatan / Jamsostek dari perusahaan tersebut. Namun pada Juli 2014 saya resign dari perusahaan tersebut, dan kembali bekerja di perusahaan swasta lain pada November 2015 di daerah Papua Barat.

Yang ingin saya tanyakan, apakah kartu / nomer BPJS Kesehatan saya dari perusahaan sebelumnya bisa digunakan atau diteruskan lagi di perusahaan yang sekarang atau tidak? Lalu, bagaimana kalau kartu BPJS Kesehatan / Jamsostek saya belum diambil dari perusahaan sebelumnya, apakah bisa dimatikan secara sepihak oleh perusahaan atau masih berlaku dan tetap bisa digunakan?

Terima kasih.

Pengirim

FarisaXXX@gmail.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawab

Jawab

Pertama, BPJS Kesehatan merupapakan instansi yang berbeda BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan merupakan transformasi dari PT. Askes (Persero) dan bertugas mengelola program jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan merupakan transformasi dari PT. Jamsostek (Persero) mengelola program jaminan kecelakaan kerja, hari tua, pensiun, dan kematian bagi para pekerja. Sehingga akan dirasa lebih tepat jika pertanyaan perihal Kartu Jamsostek tersebut disampaikan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Namun jika yang dimaksud adalah kartu Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Jamsostek, maka peserta otomatis sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Untuk lebih jelasnya, dapat ditanyakan melalui HRD perusahaan terkait.

 

Hormat kami,

Departemen Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga
BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

Program Tanya BPJS Kesehatan akan tayang setiap Rabu dan Jumat. Bagi Anda yang ingin bertanya mengenai BPJS Kesehatan, silahkan kirim email pertanyaan Anda ke redaksi health.liputan6@gmail.com. Terima Kasih.

 

 



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.