Sukses

Wanita Hamil dengan Diabetes Sebabkan Bayi Lahir Kurang Sehat

Wanita hamil dengan diabetes, 36 kali berpotensi lebih tinggi melahirkan bayi dengan kadar gula darah rendah.

Liputan6.com, Jakarta Setiap ibu pasti menginginkan anaknya lahir dengan sehat dan selamat. Namun bagi wanita dengan diabetes maupun diabetes pada saat kehamilan (diabetes gestasional) mesti waspada. Studi mengungkap wanita hamil dengan diabetes berisiko besar meningkatkan bayi lahir dengan komplikasi.

Komplikasi pada bayi bisa berupa hal-hal yang sederhana hingga serius. Seperti kadar gula darah rendah hingga memiliki berat badan terlalu besar atau kecil seperti dikutip laman Health, Jumat (16/9/2016).

Pemimpin penelitian Basilio Pintuadi dari Niguarda Ca' Granda Hospital di Milan mengamati kehamilan wanita hamil dari 2000-2012. Dari 135.000 kehamilan, 1357 di antaranya alami diabetes gestasional dan 234 miliki diabetes sebelum kehamilan.

Setelah dianalisis, Basilio menemukan wanita hamil dengan diabetes 36 kali berpotensi lebih tinggi melahirkan bayi dengan kadar gula darah rendah. Sementara bagi wanita dengan diabetes gestasional risiko bayi miliki kadar gula darah rendah 10 kali lebih tinggi dibandingkan wanita hamil tanpa diabetes.

Menanggapi hasil studi ilmuwan dari Italia ini, dokter kebidanan dan kandungan Northern Westchester Hospital, New York, Navid Mootabar tak heran akan hasil tersebut.

"Studi tersebut sudah diketahui sejak lama dan kami selalu menekankan pada ibu hamil terkait diabetes. Kontrol yang buruk mengenai diabetes pada saat kehamilan bisa menyebabkan masalah," kata Navid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini