Sukses

Alami Menopause Dini, Wanita Rentan Serangan Jantung

Sekitar 50 persen wanita yang menopause sebelum usia 45 tahun alias menopause dini rentan terkena serangan jantung.

Liputan6.com, London - Sekitar 50 persen wanita yang menopause sebelum usia 45 tahun berisiko mengalami serangan jantung dibandingkan wanita yang mengalami menopause di usia 50-an tahun ke atas.

Pada umumnya, wanita menopause di atas usia 51 tahun. Saat mencapai menopause, tubuh secara alami berhenti memproduksi hormon estrogen dan hormon-hormon lainnya.

Di dunia ini ada sekitar satu dari 10 wanita yang mulai menopause pada usia dini. Paling tidak, ada satu dari 1.000 wanita yang menopause sebelum usia 30 tahun. Lalu, ada satu dari 100 wanita yang menopause sebelum berusia 40 tahun.

Menopause yang terlalu cepat rupanya membuat kadar estrogen juga menurun. Hormon tersebut memiliki kemampuan hebat dalam menjaga kesehatan jantung, seperti diungkap peneliti dari Erasmus University Medical Centre di Belanda seperti dikutip laman Daily Mail, Kamis (15/9/2016).

"Dalam pembuluh darah, estrogen berperan membuat pembuluh darah melebar sehingga membantu mengakomodasi aliran darah dengan baik. Saat terjadi penurunan estrogen membuat pembuluh darah jadi kaku," kata peneliti dalam studi yang dipublikasikan JAMA Journal.

Dalam studi ini peneliti melakukan analisis terhadap 32 studi yang melibatkan 310.000 wanita. Mereka membandingkan pengalaman wanita yang menopause lebih muda dari 45 tahun dan yang lebih dari 45 tahun.

Ternyata, yang alami menopause dini cenderung 50 persen terkena penyakit jantung koroner. Lalu sekitar 11 persen meninggal akibat serangan jantung, dan 12 persen meninggal lebih cepat akibat hal-hal lainnya.

Lewat hasil penelitian ini para ilmuwan berharap wanita perlu menyadari penyebab serangan jantung bukan hanya soal berat badan berlebih, tapi juga usia pada saat menopause. Sehingga bisa dilakukan intervensi menjaga jantung sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini