Sukses

Makanan Ini Bikin Ruam Kulit Makin Parah

Lima jenis makanan ini harus dihindari saat tubuh mengalami gatal dan ruam kulit.

Liputan6.com, Jakarta Alergi yang menyebabkan ruam kulit dan rasa gatal memberikan ketidaknyamanan. Faktor yang menyebabkan kulit menjadi ruam dan gatal, berasal dari udara, debu, bahkan makanan dan minuman.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan alergi hendaknya menghindari jenis makanan berikut ini, jika tak ingin kulit semakin gatal dan ruam parah. Seperti dikutip laman Search Home Remedy, ditulis Kamis (15/9/2016).

1. Makanan yang mengandung histamin

Kandungan histamin dapat memperburuk kondisi kulit ruam dan gatal. Seperti ikan kaleng, ikan asap, kecap, sampanye, bir, cuka, mayones, anggur, sosis dan makanan serta minuman lain yang memiliki histamin.

2. Seafood

Jenis makanan laut sangat berpotensi membuat kondisi kulit semakin parah. Seperti ikan, cumi, kepiting, dan udang dapat memperburuk alergi Anda.

3. Makanan yang merangsang histamin dalam tubuh

Sejumlah makanan ini memang tak mengandung histamin yang membahayakan tubuh, namun seperti cokelat, stroberi, putih telur, jeruk, lemon, susu, dan kacang-kacangan mengandung senyawa yang mampu menghidupkan atau merangsang histamin dalam tubuh.

4. Kacang-kacangan

Kacang mete, almond, hazelnut dan jenis kacang lainnya secara langsung mampu membuat alergi kulit semakin menjadi. Anda harus menghindari semua jenis kacang-kacangan baik kacang secara utuh, maupun produk olahan yang mengandung kacang.

5. Garam

Mengonsumsi garam berlebihan dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan individu dengan alergi kulit akan mempercepat iritasi dan gatal. Selama alergi belum pulih, pastikan Anda menurunkan kadar konsumsi garam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini