Sukses

Manfaat Air Liur untuk Mata

Tahukah Anda, air liur juga efektif meningkatkan penglihatan.

Liputan6.com, Jakarta Kita mungkin tahu beberapa makanan memiliki manfaat kesehatan untuk mata. Seperti misalnya wortel, bayam, salmon, tuna dan sarden. Namun tahukah Anda, air liur juga efektif meningkatkan penglihatan?

Seperti diberitakan Healthnbodytips, Kamis (15/9/2016), air liur mengandung mineral, kalsium, dan fluor yang bukan hanya bermanfaat bagi rongga mulut, tapi juga untuk mata.

Terdengar aneh dan mungkin Anda tidak ingin mencobanya, tapi ini benar-benar membantu. Metode kuno ini bisa dilakukan dengan cara menggosok air liur ke mata di pagi hari, sebelum Anda menyikat gigi atau sarapan dan minum.

Cara lainnya adalah berhenti merokok, hindari terlalu lama di depan TV dan komputer, tidur cukup, minum banyak air dan gunakan kacamata.

Manfaat air liur sebelumnya juga pernah diteliti. Laman Prevention melaporkan, air liur mengandung sel darah putih, yang berfungsi melawan penyakit dan infeksi. Air liur juga mengandung lendir yang bila bersama-sama dengan sel darah putih, akan menjebak bakteri sehingga luka cepat sembuh.

Penulis studi Ole E Sorensen, MD, PhD mengatakan, air liur merangsang sel darah putih untuk membentuk jaringan efektif DNA dan protein. Ini sebabnya semua luka kulit dapat terhindar dari infeksi bila terkena air liur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini