Sukses

Tips Orangtua: Pastikan Anak Menyontek Gaya Hidup Sehat Anda

Orangtua ibarat cermin bagi si buah hati. Oleh karena itu, sangat penting untuk para orangtua memperhatikan pola hidup mereka.

Liputan6.com, Jakarta Penting bagi para orangtua menjadi panutan untuk anak-anak mereka belajar membentuk pola hidup yang sehat. Anak tidak akan atau cenderung mengalami kesulitan saat berupaya menerapkan pola hidup sehat apabila kedua orangtuanya tidak terlebih dahulu memberikan contoh kepadanya.

Seperti dikutip dari laman Times of India, Rabu (14/9/2016), perilaku orangtua memiliki dampak yang sangat besar terhadap buah hati mereka. Dari usia balita hingga menginjak fase remaja, anak cenderung belajar atau meniru perilaku kedua orangtua mereka lantaran merasa bahwa merekalah tolak ukur akan sesuatu yang diperbolehkan dan yang tidak.

Mengingat begitu pentingnya peran kedua orangtua dalam masa pertumbuhan psikis dan karakter anak, sangat disarankan untuk orangtua mulai memberikan contoh yang baik mulai dari mengonsumsi makanan sehat dan aktif berolahraga.

Penerapan pola hidup sehat yang dilakukan secara repetitif secara langsung dan tidak akan memotivasi sang anak untuk melakukan hal serupa lantaran hal tersebut dianggap sebagai suatu kebiasaan atau rutinitas.

Pasalnya, sang anak akan terus mengingat pola tersebut lantaran sudah terekam dengan sangat jelas dalam pikiran mereka. Alangkah baiknya apabila kedua orangtua juga turut membekali sang anak dengan ilmu seputar pola hidup yang sehat secara teori disamping upaya memberikan contoh secara praktek dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, para orangtua juga disarankan untuk menerapkan sistem give and take atau teknik berupa insentif yang diberikan kepada sang anak untuk melakukan sesuatu agar dirinya termotivasi dalam upaya menjalankannya.

Anak-anak umumnya haus akan pujian. Sekecil apa pun usaha yang dilakukan, mereka ingin mendengar pujian dari kedua orangtua mereka lantaran hal tersebut memberikan kepuasan batin tersendiri bagi mereka dan upaya mereka untuk membuat sang ayah dan ibunda tersenyum.

Dengan sering melontarkan pujian kepada anak yang telah berhasil atau mau menuruti pola hidup sehat sebagaimana telah dicontohkan, kedua orangtua akan mempunyai peluang lebih besar melihat anaknya tumbuh sehat secara fisik dan psikis.

Selain itu, sistem give and take akan membuat mereka merasa bahwa pola hidup sehat merupakan suatu keharusan dan mereka akan lebih tergerak melakukannya setelah mengetahui ada 'hadiah' di balik usaha mereka.

Orangtua dihimbau untuk jangan pernah lupa juga mengajak anak-anak untuk jalan santai bersama, naik sepeda, berenang, berkebun, atau hanya bermain di taman sambil bermain petak umpet.

Semua orang, khususnya orangtua dan anak-anak, akan mendapat keuntungan yang berlimpah dari kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Selain sehat juga membantu memperkuat hubungan orangtua dan anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.