Sukses

5 'Senjata' Alami untuk Perangi Masalah Seputar Kulit dan Rambut

Liputan6.com, Jakarta Buah stroberi, lemon, blueberry kemudian bawang merupakan beberapa dari banyak jenis asupan yang digemari banyak orang. Tidak hanya bergizi khususnya untuk mereka yang tengah menjalani program diet saja, namun ternyata asupan tersebut memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Dilansir dari Everyday Health, Rabu (14/9/2016), berikut masalah seputar kulit dan rambut beserta 'senjata' alami untuk memeranginya.

1. Masalah: 'Hiperpigmentasi' atau flek/bintik hitam pada kulit, Solusi: jus lemon segar dan bawang merah

Masalah kulit seperti bintik atau flek hitam yang dikenal dengan istilah hiperpigmentasi merupakan salah satu masalah umum yang paling sering dihadapi oleh orang-orang yang sering beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari.

Kombinasi jus lemon dan bawang merah adalah solusi terbaik untuk atasi masalah ini. Meski terdengar aneh, namun kandungan zat asam dalam keduanya terbukti efektif dalam upaya penyamaran pada warna kulit yang diselimuti bintik hitam.

Untuk hasil terbaik, seorang dokter kulit di Beverly Hills, California, bernama Michael Lin, MD, menyarankan cara terbaik yaitu, mencampur seperempat bawang merah dengan jus lemon segar. Celupkan ujung cotton bud pada campuran tersebut lalu aplikasikan ke bagian tertentu kulit yang dipenuhi bintik-bintik hitam. Diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bersihkan dengan cairan pembersih ringan.

2. Masalah: Tangan dan kaki kapalan, kering dan terasa kesat, solusi: susu almond dan bubuk kopi

Untuk masalah seputar kulit tangan, lengan dan juga kaki, Michael Lin menyarankan untuk mengatasinya dengan mengandalkan dua bahan yaitu, susu almond dengan bubuk kopi. Susu almond kaya akan antioksidan dan vitamin E yang berperan kuat sebagai pelindung kulit dari efek radikal bebas. Sedangkan bubuk kopi, membantu pengelupasan kulit mati, sehingga membuat kulit lebih bersinar.

“Menggunakan scrub kafein, membantu merangsang sel-sel dan elastin serta mengencangkan kulit,” ujarnya.

Campurkan dua cangkir susu almond dan bubuk kopi dalam mangkuk, kemudian gosok kedua bahan tersebut pada tangan dan kaki.

3. Masalah: Kulit kusam, solusi: teh peppermint

Mengandalkan pengobatan topikal bukan satu-satunya cara untuk memiliki kulit bersih nan sehat. Hal tersebut juga bisa dilakukan secara internal atau dari dalam tubuh melalui asupan makanan atau minuman sehat yang kaya akan kandungan antioksidan.

“Teh peppermint diyakini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, membuat kulit lebih bercahaya, dan membantu mengurangi stres,” ujar ahli kecantikan para selebriti papan atas Hollywood, Renee Rouleau.

4. Masalah: Warna kulit tidak merata dan kerusakan  akibat sinar UV, solusi: stroberi dan madu

Stroberi mengandung vitamin C dan merupakan sumber alami asam salisilat yang sering ditemukan dalam perawatan anti jerawat. Ketika digabungkan dengan madu yang secara tersendiri memiliki manfaat anti bakteri, keduanya bisa dijadikan masker alternatif untuk atasi masalah warna kulit tidak merata sekaligus merawat kulit yang rusak akibat sinar ultra violet matahari.

Caranya, blender tiga buah stroberi hingga halus dan siapkan satu sendok makan madu. Lalu, aduk keduanya dalam mangkok hingga menyatu secara merata. Kemudian oleskan ke wajah sebagai masker. Tunggu 15 menit lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

5. Masalah: Rambut kering, solusi: minyak kelapa

Cuaca panas kerap membuat rambut Anda menjadi kering, cenderung bergelombang dan tidak terkendali. Minyak kelapa adalah solusi tepat untuk mengatasinya. Ini dikarenakan minyak kelapa bekerja layaknya pelembab yang secara efektif memberikan nutrisi pada rambut.

Salah satu penata rambut terkemuka di New York, Amerika Serikat, Nunzio Saviano, menyarankan agar setiap orang merawat rambut mereka dengan cara menuangkan satu sendok minya kelapa ke bagian kepala setelah keramas. Biarkan selama lima hingga sepuluh menit kemudian bilas dengan air dingin untuk membantu menutup kutikula rambut, melembabkan sekaligus memerangi potensi kekusutan pada rambut.