Sukses

5 Keuntungan Melatih Kekuatan yang Bikin Wanita Niat Olahraga

Liputan6.com, Jakarta Latihan kekuatan merupakan sebuah aktivitas yang sangat penting bagi pria dan juga wanita. Umumnya latihan kekuatan dilakukan oleh pria, namun ternyata hal ini sudah mulai menjadi aktivitas kegemaran para kaum hawa juga.

Latihan ini, tidak hanya akan membuat bentuk tubuh wanita semakin indah, latihan kekuatan juga memiliki lima manfaat penting lainnya yang dapat dinikmati oleh para wanita.Melansir Everyday Health, Rabu (14/9/2016), kenali lima manfaat lainnya:

1. Meningkatkan metabolisme

Banyak wanita mempercayai asumsi bahwa diet dapat membantu mereka meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini tentunya tidak benar karena untuk mewujudkannya dan untuk memelihara metabolisme tinggi dalam jangka waktu panjang, wanita diharuskan berolahraga atau melatih kekuatan mereka. Hal ini sangat penting lantaran otot yang terbentuk dari olahraga lebih ampuh membakar kalori beserta lemak yang membandel di beberapa area sekitar tubuh.

2. Membuat otak terus aktif bekerja saat lansia

Bertambahnya usia kerap diasosiasikan dengan kondisi dimana fungsi otak secara  signifikan mulai menurun. Tidak perlu khawatir, penelitian yang dilakukan belum lama ini membuktikan bahwa latihan kekuatan seperti angkat beban dapat membantu wanita memelihara fungsi otak yang aktif dan juga daya ingat yang kuat. Terlebih, latihan kekuatan juga diyakini dapat membantu kaum perempuan menangkal penyakit demensia.

3. Kadar gula dalam darah terkendali

Berolahraga dengan fokus latihan khususnya pada sistem kekuatan tubuh diyakini dapat membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh agar selalu menyimpannya dalam kadar normal atau wajar sekaligus menangkal penyakit diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Salah satu cara terbaik untuk mencegah kerapuhan pada tulang, adalah dengan latihan kekuatan yang dilakukan secara rutin. Jika Anda menderita penyakit arthritis, latihan kekuatan yang melibatkan kontak fisik dapat membantu wanita cegah potensi mengalami nyeri pada sendi dan otot.

5. Otot terlihat baik

Latihan beban adalah cara jitu untuk membentuk otot-otot yang mana nantinya akan menonjol dan terlihat bugar. Kebanyakan wanita mendambakan tubuh langsing dengan otot berukuran wajar layaknya model Victoria's Secret. Latihan kekuatan yang tepat sekaligus durasi yang wajar akan membantu setiap wanita capai mimpi mereka dapatkan tubuh indah.