Sukses

Apa yang Terjadi Jika Berlebihan Olahraga Bagi Pemula?

Berjalan sepanjang hari, mungkin Anda mengatakan itu adalah kebugaran pada hari itu.

Liputan6.com, Jakarta Berjalan sepanjang hari, mungkin Anda mengatakan itu adalah kebugaran pada hari itu. Kabar buruk kalau ini dilakukan oleh pemula, atau seseorang yang tidak biasa melakukan latihan, kata Mike Robertson, C.S.C.S, presiden Robertson Training Symstem di Indianapolis.

"Itu bisa menjadi masalah. Jika Anda tak bersepeda dalam lima tahun, tiba-tiba mengambil kelas spin hampir setiap hari selama beberapa minggu, itu akan menyebabkan overtraining," ujarnya. Artinya, Anda tidak memberikan waktu bagi tubuh untuk bisa bekerja dengan tantangan.

Hal itu mungkin akan merusak, dan menjadi lemah, lelah, dalam beberapa kasus, timbul luka-luka, dilansir laman Women's Health, Selasa (13/9/2016).

Juga olahraga berat seperti pilates, yoga, dapat menyebabkan masalah ketika Anda lakukan setiap hari. "Seringkali menempatkan tubuh dalam postur dan posisi yang sama menyebabkan rasa sakit dan kekakuan. Meningkatkan risiko cedera yang lebih serius," lanjut Robertson.

Ditambahkan Robertson, "Manfaat terbesar tantangan ini biasanya didapatkan oleh orang yang melakukan olahraga teratur."

Jika Anda sudah mengubah pola olahraga, itu akan menjadi rutinitas. Tentu saja, Anda akan melihat adanya beberapa perubahan fisik.

Robertson mengatakan penurunan berat badan, dan hasil kekuatan otot tergantung pada jenis latihan yang Anda lakukan serta berapa banyak usaha Anda memasukkannya dalam setiap sesi. Bagaimanapun, pastinya meningkatkan memori otot.

"Pengulangan aktivitas tertentu semata-mata akan membantu tubuh Anda menguasainya. Ini seperti praktik. Anda terus menerus memperbaiki jalur neuromuskuler sehingga menjadi efisien dalam ketrampilan," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini