Sukses

4 Tanda Tubuh Ketagihan Kafein

Berikut ini adalah tanda-tanda waspada bahwa Anda sudah terlalu bergantung pada kafein

Liputan6.com, Jakarta Cukup banyak orang yang suka minum kopi, mulai dari remaja, dewasa, pria, maupun wanita. Namun ketergantungan kafein ternyata bukan sesuatu yang baik.

“Sering kita berpikir, kafein biasanya terkandung dalam kopi atau soda. Padahal, kafein juga ada dalam minuman berenergi, teh dan permen karet,” ujar seorang profesor neurologi di Johns Hopkins Medicine, Rachel Salas, MD.

Itu sebabnya, kata Salas, ada beberapa efek yang mucul ketika seseorang kelebihan kafein. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Foxnews, Selasa (13/9/2016):

1. Kepala Anda berdenyut jika melewatkan secangkir kopi di pagi hari

Kafein adalah vasokonstriktor, yang artinya membuat pembuluh darah menjadi sedikit sempit sehingga bisa membuat kepala pusing. Jika Anda minum kafein secara teratur, kemudian tidak meminum kafein walau hanya satu hari, ini akan menyebabkan sakit kepala. 

2. Anda mudah marah sebelum minum kafein

Kafein adalah stimulan dan merangsang saraf pusat. ”Kafein merangsang reseptor dopamin dalam otak kita, seperti halnya kokain dan obat-obatan tertentu lainnya, namun tidak dengan tingkat yang sama. Kafein juga melepaskan adrenalin,”ujar ahli gizi senior di UCLA Medical Center, Dana Hunnes, Ph.D., M.P.H., R.D.

3. Anda tidak bisa berkonsentrasi tanpa kafein

Kafein memberikan tubuh Anda dorongan adrenalin yang dapat membantu Anda tetap waspada dan fokus. Jika Anda menggunakan dorongan tersebut setiap hari, Anda bisa mengalami kabut otak atau sulit berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas-tugas, tanpa adanya kafein.

4. Anda selalu merasa gelisah

Dosis tinggi kafein dapat menyebabkan kegelisahan bagi sebagian orang. Selain itu, mengonsumsi kafein yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan kecemasan dan meningkatkan serangan panik pada beberapa orang, terutama mereka yang rentan terhadap kesehatan mental. Lebih baik kurangi kafein sedikit demi sedikit.

Minum kafein sebenarnya juga bermanfaat bagi kesehatan, namun jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya. Hunnes menyarankan, jika ingin minum kopi, tidak lebih dari dua sampai tiga cangkir (8 ons) setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini