Sukses

Catat, Cara Selamatkan Rambut dari Kerusakan Fatal Akibat Catokan

Tanpa disadari, mencatok atau mengubah bentuk rambut bisa membuatnya rusak secara permanen.

Liputan6.com, Jakarta Wanita tentunya tidak asing lagi dengan pepatah “rambut adalah mahkota wanita”. Ini bukan hanya sekedar mitos, namun sebuah fakta yang hingga kini disetujui oleh semua wanita seantero jagad. Penampakan rambut yang indah bisa dengan mudahnya mengubah wajah kita yang kusam atau penampilan kita yang biasa menjadi luar biasa.

Dahulu, wanita di Tanah Air sudah cukup puas dengan rambut lurus indah berwarna hitam pekat. Namun perkembangan zaman memicu keinginan untuk mereka merubahnya agar terlihat lebih unik dan indah.

Pasalnya, rambut kita kerap dijadikan eksperimen untuk membuat kita lebih puas akan penampilan. Perihal bentuk, sebetulnya rambut kita tidak akan terancam dari adanya perubahan tersebut. Bentuk bisa berupa ukuran pendek, sedang atau pun panjang.

Namun, perubahan bentuk ada juga yang fatal yaitu ketika yang lurus dibuat menjadi bergelombang atau keriting dan juga sebaliknya. Hal ini dikarenakan proses untuk membuatnya berubah memerlukan instrumen teknologi seperti catokan atau pemanas yang mana dapat merusak kesehatan rambut secara keseluruhan dan dalam jangka waktu yang tergolong lama.

Untuk menyelamatkan rambut indah Anda dari kerusakan permanen, terapkan cara-cara di bawah ini, seperti dimuat di situs Naturally Curly, Selasa (13/9/2016):

1. Gunakan sampo yang secara spesifik dirancang untuk menghaluskan
2. Sering gunakan kondisioner khususnya bagian ujung rambut
3. Gunakan tonik pada bagian pangkal rambut
4. Pakaian vitamin rambut saat rambut masih basah
5. Sisir perlahan-lahan setelah keramas
6. Gunakan leave-in kondisioner
7. Kurangi frekuensi menggunakan catokan atau alat pengeriting rambut
8. Sering creambath atau spa
9. Saat keringkan rambut sehabis keramas, usahakan pakai kipas angin atau hair-dryer dengan kekuatan angin sedang
10. Jika ingin dapat hasil maksimal, pergilah ke salon karena Anda akan diberikan perawatan yang tepat dan hasil yang lebih sehat
11. Jika ingin blow atau catok sendiri di rumah, usahakan saat rambut sudah dalam keadaan kering

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini