Sukses

7 Manfaat Teh untuk Percantik Kulit hingga Rambut

Liputan6.com, Jakarta Teh, terutama teh hijau, dipercaya sebagai salah satu minuman sehat karena memiliki zat antioksidan. Tapi itu bukanlah satu-satunya manfaat teh.

Minuman yang bisa disajikan hangat atau pun dingin ini ternyata juga bisa dijadikan bahan untuk merawat kecantikan. Seperti dilansir dari laman Today, Senin (12/9/2016), menambahkan teh ke dalam rutinitas perawatan kecantikan Anda bisa menyehatkan kulit hingga rambut.

Berikut beberapa manfaat teh hijau untuk kecantikan:

1. Penyegar wajah

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menyegarkan kulit wajah Anda. Seduh saja daun teh hijau dan biarkan dingin dalam suhu ruang selama beberapa jam.

Ambil botol spray dan isi dengan teh hijau yang telah dingin dan disaring. Semprotkan pada wajah kapan pun Anda perlu menyegarkan wajah dengan cairan yang mengandung sedikit antioksidan.

2. Perawatan gigi

Studi 2009 yang dilakukan oleh Kyushu University di Jepang dan dipublikasikan dalam Journal of Periodontology menemukan, individu yang rutin menyesap teh hijau memiliki gusi serta gigi yang lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak melakukan hal itu.

Sebagai tambahan, selain mengonsumsi secangkir teh hijau setiap hari, mencampur daun teh dengan baking soda menjadi pasta gigi juga bisa membantu merawat gigi.

Atau Anda bisa membuat cairan pencuci mulut (mouthwash) sendiri dengan menyeduh satu kantung teh--rasa peppermint akan lebih baik--dengan secangkir air panas, biarkan dingin dan gunakan untuk berkumur.

3. Kompres mata

Kelelahan karena banyaknya aktivitas sehari-hari akan dengan mudah tampak di wajah Anda, terutama di bagian mata. Keluhan mata sembap seperti ini bisa diatasi dengan mengompres mata menggunakan kantung teh yang telah direndam dalam air dingin.

Anda bisa mengompres mata dengan teh selama 15 hingga 20 menit. Kafein dalam teh akan meredakan mata sembap. 

 

1 dari 2 halaman

Masker wajah

4. Masker wajah

Bila Anda biasa meramu sendiri masker wajah, coba tambahkan sedikit bubuk teh putih atau teh hijau (keduanya bisa didapat di toko makanan sehat). Sebuah studi yang dilakukan pada 2011 di Inggris dan masuk dalam Journal of Inflammation, menunjukkan baik teh putih maupun teh hijau sama-sama bisa mencegah berkurangnya kolagen serta elastisitas sel kulit.

Cara membuat masker dari bubuk teh pun tak sulit. Anda hanya perlu mencampur sedikit bubuk teh dengan air hingga menyerupai pasta. Campuran tersebut akan membantu mengelupas kulit mati di wajah, menghaluskan, serta menyegarkan wajah.

5. Menambah kilau rambut

Pigmen pada teh hitam bisa menambah kilau alami pada rambut cokelat sehingga terlihat lebih sehat. Sementara teh chamomile akan mencerahkan kilau rambut pirang.

Cuci rambut Anda dengan teh, tutup dengan handuk, dan diamkan hingga meresap selama 20 hingga 30 menit sebelum membilasnya hingga bersih.

6. Lulur tubuh

Campurkan satu kantong teh hijau dengan 1/2 cangkir air dan biarkan dingin. Lalu ambil sedikit campuran tersebut dan tambahkan dengan gula dengan takaran tiga kali lebih banyak dari campuran tersebut lalu lulurkan pada tubuh ketika mandi. Anda pun bisa mengganti gula dengan madu, lemon, yoghurt, atau bahan lain yang Anda sukai.

7. Pembersih wajah

Tambahkan beberapa sendok makan teh hijau pada krim pembersih wajah Anda, aduk rata, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama lima menit untuk melunakkan sel kulit mati dan gosok perlahan lalu bilas wajah hingga bersih.