Sukses

Cabai Rawit Juga Efektif untuk Rambut Rontok

Menurut penelitian, cabai rawit juga mampu mengatasi masalah rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat cabai rawit ternyata tak sebatas efektif mengatasi berbagai macam penyakit seperti meredakan sakit kepala, mencegah kanker atau membuat tubuh langsing. Menurut penelitian, cabai rawit juga mampu mengatasi masalah rambut rontok.

Seperti dilansir Livestrong, Sabtu (10/9/2016) cabai rawit memiliki khasiat menumbuhkan rambut. Dalam sejarahnya, cabai rawit bahkan telah digunakan sejak awal 1800-an. 

Samuel Thompson ketika itu menemukan cara menumbuhkan rambut menggunakan cabai rawit. Selama bertahun-tahun, sejumlah orang juga mempercayainya. 

Namun peneliti berdalih, mereka mengatakan, bukti mengenai cabai untuk rambut ini sangat sedikit. Jadi perlu ada rekomendasi dokter.

Dari laman Cayenne Pepper Diet, cara terbaik untuk menggunakan perawatan ini adalah menciptakan pasta dengan mencampurkan cabai rawit dan minyak zaitun. Kombinasi kedua bahan alami kemudian digunakan sembari memijat kulit kepala. Setelah itu diamkan campuran ini selama 30 menit sebelum dibersihkan.

"Senyawa capsaicin pada cabai dapat merangsang folikel rambut dan membantu rambut tumbuh. Dan bahan kimia lain, quercetin meningkatkan aliran darah ke kulit kepala," tulis peneliti.

Meski demikian, peneliti mengingatkan untuk bergati-hati menggunakan bahan ini. Sebab jika Anda alergi, maka akan meninggalkan iritasi dan luka pada kulit kepala. Dan jangan gunakan pengobatan ini tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.