Sukses

Malaysia Laporkan Kasus Pertama Zika pada Wanita Hamil

Malaysia telah mengkonfirmasi kasus pertama virus Zika pada seorang wanita hamil berusia 27 tahun yang tinggal di bagian Selatan Johor,

Liputan6.com, Jakarta Malaysia telah mengkonfirmasi kasus pertama virus Zika pada seorang wanita hamil. Wanita berusia 27 tahun tersebut diketahui tinggal di bagian selatan Johor, yang berbatasan dengan Singapura.

Menteri Kesehatan Malaysia, Subramaniam Sathasivam, mengatakan wanita tersebut merupakan orang ketiga yang terkena virus Zika di Negeri Jiran. Hal ini menambah kekhawatiran pemerintah setempat.

“Wanita itu sedang hamil anak pertamanya dan kandungannya berusia tiga sampai empat bulan,” ujarnya, seperti dilansir dari Theguardian, Jumat (9/9/2016).

Ia mengatakan, tidak jelas bagaimana wanita hamil itu tertular Zika. Namun ia pernah mengunjungi Singapura enam bulan yang lalu dan suaminya rutin melakukan perjalanan lintas negara.

Saat ini pemerintah Malaysia menyatakan telah meningkatkan pencegahan dengan melakukan skrining pada wisatawan dari luar negeri, terutama Singapura. Masyarakat juga diminta untuk membersihkan rumahnya dan membersihkan air tergenang yang bisa menjadi sarang nyamuk.

Zika telah menyebar di Singapura sejak awal September. Data terakhir pada 6 September menunjukkan, jumlah kasus Zika sebanyak 283, termasuk dua wanita hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini