Sukses

Tips Percaya Diri Meski Berbadan Gemuk Bersama Riri Bogar

Liputan6.com, Jakarta Wanita diciptakan dengan kecantikan yang melekat dari luar maupun dalam diri. Cantik tidak hanya dilihat dari fisik saja, seperti tinggi, pendek, gendut, langsing, putih, hitam dan lain-lain. Tetapi kecantikan itu bisa datang dari hati dan kepercayaan diri.

Dengan cara menghargai tubuhnya, wanita memang sudah ditakdirkan untuk tampil cantik. Namun wanita seringkali merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh yang besar atau gemuk. Persepsi gemuk banyak diartikan banyak orang sebagai orang yang tidak cantik, susah dapat pekerjaan, orang yang penyakitan dan lain-lain.

Bicara soal gemuk, seorang penulis Ririe Bogar menulis sebuah buku yang judulnya unik, Cantik Itu Ejaannya Bukan K.U.R.U.S. Ririe Bogar menulis buku ini dengan sudut pandang yang berbeda, bahwa gemuk bukanlah penghalang untuk menjadi cantik. Dengan menghargai tubuh yang gemuk, Ririe Bogar bisa bersyukur sehingga gemuk bukanlah penghalang segalanya.

Berikut petikan wawancara dengan Ririe Bogar saat berkunjung ke Redaksi Liputan6.com:

Apa tips gaya berpakaian untuk orang yang berbadan besar atau gemuk? Apakah orang gemuk pantas memakai hot pants dan tank top?

Untuk hal yang pertama itu harus merasa nyaman dengan dirinya. Kalau tidak nyaman, dia mau pakai sebagus apa pun, semahal apa pun, kalau tidak nyaman, orang akan jadi tidak percaya diri. Selain itu harus bisa memahami bentuk tubuhnya, kira-kira apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan.

Saran untuk orang yang berbadan gemuk, jika ingin memilih baju harus pas tubuh, jangan memaksakan, harus sesuai dengan bentuk tubuhnya dan ukuran. Orang kurus pun, kalau dia tidak nyaman, ia akan merasa apa yang dia pakai tidak sesuai dengan dirinya alias tidak nyaman.

Kalau saran saya, orang gemuk mau pake hotpans sama tanktop itu boleh-boleh saja, kuncinya balik lagi ke diri dan tubuhnya, dia nyaman atau tidak. Mau memakai bikini sekalipun saat jalan-jalan ke pantai, kalau nyaman ya sah sah saja.

Kenapa orang selalu berpikir bahwa wanita gemuk itu jelek? Bagaimana cara menyiasatinya?

Balik lagi orang punya hak dan kebebasan jika ingin berkata jelek kepada siapapun, itu adalah hak mereka. Dibalik itu kita harus berfikir kembali pada diri sendiri dan kepercayaan diri. Karena orang gemuk itu jika dibully hanya bisa diam, baiknya sebagai manusia yang diciptakan sama, kita jangan mau direndahkan oleh orang lain.

Kata siapa gemuk itu jelek? Siapa yang bilang? Kata siapa orang gemuk itu sulit dapat kerja? Kata siapa orang gemuk itu penyakitan? Buktinya aku masih ada disini bukan di rumah sakit. Dengan adanya hal demikian kita harus bisa membalikkan kata-kata itu, karena tidak ada kebenaran yang berbicara bahwa gemuk itu jelek, penyakitan dan lan-lain.

Apa benar mitos kalo gemuk itu artinya bahagia?

Kalo dibilang gemuk itu bahagia jawabannya tidak. Karena kalau gemuk itu artinya bahagia, apakah orang kurus, tinggi, pendek tidak bisa merasakan bahagia? Semua balik lagi ke diri sendiri, karena bahagia yang menciptakan diri kita sendiri bukan kata orang lain. Orang yang kurus tapi bisa bersyukur dan menghargai bahwa dirinya diberikan keadaan yang seperti itu, mereka juga bisa merasakan bahagia.

Apa ide awal terbentuknya Komunitas Extra Large? Kegiatannya apa aja?

Kegiatannya kita kumpul sebulan, komunitas ini aku bentuk untuk saling support, saling mengingatkan. Walaupun gendut harus jaga kesehatan. Ada orang gendut, bertanya, penyebabnya potensi penyakit jantung itu apa dari gemuk? Ya tergantung cara hidup kita.

Setiap hari Senin, tidak makan daging, lebih banyak sayur dan lebih banyak air putih. Meski cuma satu hari itu efeknya sampai hari Minggu. Pada hari Rabu, olahraga bareng, berenang, apa pun itu, dan di hari Selasa, lakukan selfie foto satu badan, sehingga kamu tahu bentuk badanmu dan dapat dilihat perbandingannya, biarkanlah orang tahu dirimu seutuhnya.

Mengakhiri perbincangan seru ini, Ririe Bogar selaku penulis buku Cantik Itu Ejaannya Bukan K.U.R.U.S, menyarankan kepada seluruh wanita bahwa, kecantikan itu relatif. Menghargai itu lebih penting dengan cara bagaimana kita bisa bersyukur atas apa yang kita miliki. Gemuk tidak akan menghalangi Anda untuk bisa berkembang dan terus berkarya, karena semua akan kembali kepada diri kita sendiri.

Video dan lanjutan perbincangan dengan Ririe Bogar dapat dilihat dengan mengeklik tautan berikut ini.

** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

** Sedang populer di kanal Health & Sex Forum Liputan6 : Begini Bahayanya Mengejek Anak Perempuan Dengan Panggilan ‘Gendhut’.

Penulis : Estrin Vanadianti Lestari (Universitas Pancasila)

Video Populer

Foto Populer