Sukses

Cara Christian Sugiono Bina Karyawan dalam Dunia Industri Kreatif

Liputan6.com, Jakarta Cara seseorang memimpin suatu kelompok atau perusahaan berbeda-beda. Ada yang tegas, ada pula yang tergolong santai. Ketika seorang pemimpin memutuskan untuk lebih santai, bukan berarti dirinya acuh tak acuh.

Santai dalam hal ini lebih pada kepercayaan yang dimiliki sang pemimpin terhadap karyawan atau pekerjanya untuk menggunakan kemampuan mereka dalam berinovasi.

Tidak sedikit jumlah orang yang mengandalkan gaya kepemimpinan ini. Salah satunya adalah selebriti terkemuka di Tanah Air bernama Christian Sugiono.

Christian Sugiono membebaskan para karyawan di portal MBDC untuk membuat konten-konten kreatif yang tidak biasa. Semakin aneh dan 'nyeleneh' justru semakin bagus.

"Kantor kita bergerak di bidang industri kreatif. Saya membebaskan mereka melakukan dan menghasilkan apa saja yang kreatif," kata Christian Sugiono di Veranda Hotel, Jakarta Selatan hari Rabu, 7 September 2016 kemarin.

MBDC dibangun Christian Sugiono pada 2009. Konten-konten yang mereka hasilkan selama tujuh tahun selalu di luar perkiraan. Tidak heran apabila jumlah pengikut sosok rupawan ini dalam sebuah situs internet berbasis video sangat banyak. Semua materi yang mereka bahas selalu disajikan dengan cara yang inovatif sekaligus kreatif.

Menurut Christian Sugiono, dia selalu berbicara dan berdiskusi dengan seluruh karyawannya. Ia selalu pasang kuping mendengar ide-ide kreatif yang disampaikan kepadanya.

"Semakin mereka berpikir out of the box, semakin aneh, malah semakin bagus," jelasnya.

Ide kreatif tersebut, lanjut Christian Sugiono, bukanlah hal yang dapat ditemukan dalam buku. Sumbernya berasal dari otak si pemilik ide tersebut.