Sukses

Begini Tanda Awal Penuaan di Usia 20-an

Penuaan adalah proses alamiah yang akan dialami setiap orang. Tanda awal penuaan yang terlihat jelas yaitu adanya kerutan di wajah. Namun,

Liputan6.com, Jakarta Penuaan adalah proses alamiah yang akan dialami setiap orang. Tanda awal penuaan yang terlihat jelas yaitu adanya kerutan di wajah. Namun, kapan sebenarnya penuaan dimulai?

“Penuaan sebenarnya sudah dimulai di usia 20-an,” ujar Kepala Departemen Kulit dan Kelamin RSPAD Gatot Soebroto dan Ketua Kelompok Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia, dr. Abraham Arimuko, SpKK, MARS, FINS DV, FAADV, saat  acara peluncuran produk Fillerina sebagai non-injeksi filler pertama di Indonesia, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Mulainya penuaan berbeda-beda pada setiap orang, hal ini tergantung jenis kulitnya. Jenis kulit bervariasi, mulai dari kulit kering, berminyak, hingga kulit kombinasi. Tanda umum penuaan ialah kulit menjadi kering.

“Yang paling kelihatan itu (penuaan) ialah faktor kekeringan. Jadi orang yang punya kulit kering walaupun umurnya masih 20-an, cenderung agingnya cepat,” ujarnya.

Walaupun menurutnya tanda-tanda penuaan pada orang dengan kulit berminyak lebih lama, namun jenis kulit ini harus tetap dilembapkan.

“Karena kulit itu urusannya air, bisa saja kulit berminyak kekurangan air. Jadi harus dikasih pelembap khusus untuk kulit berminyak apalagi untuk kulit kering. Nah, asam hialuronat ini merupakan salah satu pelembap yang sangat baik,” ungkapnya.

Asam hialuronat adalah suatu zat yang terdapat pada seluruh jaringan tubuh manusia dan berfungsi mengikat air.

“Asam hailuronat ini bisa dipakai. Normalnya di awal 20 sudah bisa mulai dan bisa dipakai seumur hidup karena bukan obat jadi tidak apa-apa, aman,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini