Sukses

Hati-Hati, Ini Akibatnya Jika Makan Terlalu Sedikit demi Kurus

Liputan6.com, Jakarta Jiwa bersaing masyarakat modern sangatlah tinggi. Generasi remaja era sekarang semakin aktif berolahraga dan makin hati-hati dalam memilih asupan makanan keseharian mereka.

Tidak bisa dimungkiri bahwa standar tubuh ideal berubah seiring dengan berkembangnya zaman. Kini pinggang kecil, bokong sekal berukuran medium ke besar seperti yang dimiliki Kylie Jenner dijadikan tolok ukur tubuh wanita yang sempurna.

Sementara dada bidang, six pack samar yang diperindah dengan v line layaknya model Calvin Klein atau Ian Somerhalder menjadi "kiblat" kaum lelaki.

Di satu sisi, kegigihan untuk mendapatkan tubuh ideal memang bagus. Namun di sisi lain kegigihan yang digerakkan oleh sifat terlampau kompetitif membuat beberapa dari mereka kehilangan kesabaran hingga beralih mengandalkan "jalan pintas".

Untuk menurunkan berat badan secara drastis, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya mengurangi jumlah asupan makanan keseharian. Pasalnya, kebanyakan dari mereka hanya makan satu kali sehari. Itu pun bukan makanan besar dengan lauk, tetapi hanya satu buah apel saja.

Keinginan untuk memiliki tubuh kurus secara instan akan membuat mereka terus-menerus terapkan kebiasaan makan sedikit setiap hari tanpa tahu akibatnya.

Berikut akibat yang bisa dirasakan secara psikis dan biologis apabila Anda kurangi asupan makanan demi dapatkan tubuh kurus sempurna secara instan, seperti dilansir dari Everyday Health, Rabu (7/9/2016).

Dampak biologis:
1.kadar gula dalam tubuh naik turun tidak beraturan
2.konstipasi akut berkepanjangan
3.rambut rontok
4.metabolisme melambat
5.darah rendah
6.pusing cenderung migrain
7.tekanan darah turun drastis
8.kekurangan darah atau anemia
9.menstruasi tidak teratur untuk wanita
10.jalur produksi hormon dalam tubuh tersendat
11.gemetaran merasa kedinginan

Dampak psikologis:
12.Suasana hati berubah-ubah
13.Kesulitan tidur atau insomnia akut
14.depresi
15.kesulitan konsentrasi
16.daya ingat menurun drastis
17.sering stres
18.gampang tersentuh hatinya jadi sering menangis
19.berkomunikasi jadi tidak lancar dengan orang lain
20.berpotensi halusinasi