Sukses

Cara Mengatasi Takut Gelap pada Anak

Seorang anak yang mungkin pernah ditinggalkan dalam gelap sebagai hukuman cenderung mengalami fobia.

Liputan6.com, Jakarta Banyak anak dan bahkan termasuk orang dewasa yang diketahui menderita rasa takut kegelapan atau fobia malam. Beberapa terminologi non-klinis digunakan untuk menggambarkan fobia ini, yaitu: Nyctophobia, Scotophobia, Lygophobia serta Achluophobia seperti yang dikutip dari WebMD, Selasa (6/9/2016). 

Kata Nyctophobia berasal dari bahasa Yunani "Nyctus" yang berarti malam atau kegelapan dan "Phobos" yang berarti ketakutan mendalam atau ketakutan.

Penyebab takut akan kegelapan

Para ahli percaya bahwa Nyctophobia umumnya berasal dari pengalaman traumatis di masa lalu. 

Seorang anak yang mungkin pernah ditinggalkan dalam gelap sebagai hukuman cenderung mengalami fobia semacam ini. Saudara dan teman-teman juga bertanggung jawab menanamkan rasa takut akan kegelapan.

Acara TV dan film yang menggambarkan horor, darah, teror, hantu dan kegiatan paranormal lainnya yang biasanya berlangsung di malam hari juga sering bertanggung jawab menciptakan rasa takut di kepala anak. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengatasi Nyctophobia

Mengatasi Nyctophobia

Orang dewasa yang menderita Achluophobia sering menyadari bahwa ketakutan mereka adalah hal yang tidak masuk akal. Namun mereka merasa tidak berdaya untuk mengatasinya dan rasa takut terus datang sepanjang hari. Sementara anak-anak cenderung tidak memahami konsep dasar ini sehingga perlu arahan orang tua.

Untungnya, ada harapan dan banyak terapi dapat membantu mengatasi fobia ini. Terapis profesional dapat membantu menghilangkan ketakutan seseorang akan kegelapan, salah satunya adalah Hypnotherapy.

Selain ini, kita juga dapat mempertimbangkan teknik membantu diri sendiri. Ini termasuk secara bertahap mengekspos diri pada objek rasa takut dan mengubah pikiran irasional menjadi rasional. Meditasi dan visualisasi positif direkomendasikan untuk mengatasi Nyctophobia. Anda dapat membimbing putra atau putri Anda melakukannya.

Berikutnya, terapi Neuro-lingustic atau NLP serta perilaku kognitif sebagai teknik lain yang efektif digunakan untuk mengatasi Achluophobia / Nyctophobia. Semua ini membantu individu mengelola kecemasan ketika berhadapan dengan stimulus, dalam hal ini gelap atau malam hari. Obat-obatan juga dapat dijadikan alternatif untuk menenangkan kecemasan dan mengurangi depresi. Namun, ini bukan solusi jangka panjang untuk Nyctophobia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini