Sukses

Ini Alasan Anda Harus Makan Camilan

Simak tips untuk tetap bisa makan camilan tanpa perlu khawatir berat badan melonjak terus.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sedang diet, camilan mungkin terlihat seperti "musuh" besar. Camilan sendiri ibarat seperti pedang bermata dua. Anda tak bisa mengabaikannya, tapi juga tak bisa terlalu banyak mengonsumsinya.

Ngemil sendiri baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan ataupun mempertahankannya. Kuncinya adalah untuk menciptakan keseimbangan dalam pikiran Anda.

Berikut ini adalah tips untuk tetap bisa makan camilan tanpa perlu khawatir berat badan melonjak terus seperti dikutip Times of India, Selasa (6/9/2016).

1. Pilih camilan yang sehat bergizi

Makan camilan memang baik untuk kesehatan. Tetapi, jika salah memilih makanan seperti makanan ringan dengan kandungan gula atau garam yang terlalu tinggi, sama saja tidak sehat.

Pilih camilan sehat yang rendah kalori tetapi tetap memiliki beberapa nilai gizi. Misalnya, kacang tanah, almond, yoghurt dan sandwich berisi selai kacang, jika Anda merasa terlalu lapar.

2. Jangan ngemil berlebihan

Jika terlalu berlebihan makan camilan, Anda tidak akan bisa merasakan manfaat dari camilan itu sendiri. Meski memilih camilan sehat tapi mengonsumsinya berlebihan, sama saja Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya.

Jadi, pastikan Anda makan camilan sehat dengan porsi yang tepat. Misalnya, makan camilan keripik kentang namun tetap dengan porsi yang tepat. Ingat selalu bahwa camilan bukanlah makanan utama.

3. Jangan ngemil saat lapar

Usahakan untuk tidak makan camilan saat perut lapar. Karena, jika makan camilan dalam kondisi lapar maka secara otomatis Anda akan makan lebih banyak. Jadi, pastikan makan camilan saat waktu senggang.

4. Jeda makan

Makan camilan idealnya harus dilakukan satu kali antara sarapan dan makan siang, misalnya pukul 11.00 hingga 12.00. Kedua, antara siang dan makan malam, misalnya pukul 17.00-18.00. Makan dua makanan ringan sehari akan mencegah Anda dari rasa lapar berlebih dan mendorong Anda untuk makan lebih sedikit. (Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.